Bikin Resah Warga, 13 Anak Punk Jalanan di Payakumbuh Diamankan Satpol PP

Antara · Kamis, 28 Januari 2021 - 09:27:00 WIB
Bikin Resah Warga, 13 Anak Punk Jalanan di Payakumbuh Diamankan Satpol PP
Anak punk jalanan yang diamankan Satpol PP Pwyakumbuh (Antara)

PAYAKUMBUH, iNews.id - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat, mengamankan sebanyak 13 anak punk jalanan. Anak jalanan di kota itu  sudah dinilai meresahkan warga dan pengendara.

"Benar,  ada 13 anak berdandan punk berhasil diamankan saat petugas kami melakukan patroli," kata Kasatpol PP Kota Payakumbuh Devitra, Kamis (28/1/2021).

Devitra menambahkan, anak jalanan tersebut diamankan di dua lokasi, yakni di Simpang 4 Labuah Basilang dan Simpang 4 Kaniang Bukik.

"Semua anak jalanan yang diamankan langsung dibawa ke markas Satpol PP Kota Payakumbuh," katanya.

Anak jalanan itu, kata dia, diduga melanggar perda dengan unsur seperti menggelandang di tempat umum sambil mengamen/meminta uang dengan unsur paksaan.

"Mereka tidak memiliki dan tidak dapat menunjukkan KTP, mabuk-mabukan dengan mengonnsumsi minuman keras jenis tuak, serta tidak mematuhi protokol kesehatan Covid-19," kata dia.

Dari hasil pemeriksaam, mereka mengaku ada yang dari Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota, Padang, Pasaman Barat, bahkan dari Lampung.

"Dari tangan anak jalanan petugas juga mendapati barang bukti berupa tujuh gitar yang digunakan untuk mengamen dan empat liter minuman keas jenis tuak," katanya.

Mereka lalu didata dan dibina mental, fisik, dan disiplinnya oleh Satpol PP, dan kemudian mereka membuat surat pernyataan bersedia tidak lagi melanggar Perda di depan Kasi Penyidik dan Penindakan disaksikan Lurah tempat mereka berdomisili.

"Bagi anak-anak yang berdomisili di Payakumbuh, mereka diserahkan kembali kepada pihak kelurahan masing-masing atau yang bertanggung jawab atas anak punk tersebut untuk dijemput dan diawasi sebagaimana mestinya," kata dia.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Bagikan Artikel: