BMKG: Curah Hujan di Wilayah Sumbar Diprediksi Menurun

Antara ยท Selasa, 04 Agustus 2020 - 14:20 WIB
BMKG: Curah Hujan di Wilayah Sumbar Diprediksi Menurun
Ilustrasi hujan (iNews)

PADANG, iNews.id - Intensitas hujan di wilayah Sumatera Barat (Sumbar) diprediksi akan menurun. Hal ini diketahui Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Minangkabau Padang Pariaman.

"Hingga tiga hari ke depan terhitung mulai 4 hingga 6 Agustus 2020, curah hujan cenderung menurun dengan intensitas hujan ringan hingga sedang di sejumlah wilayah Sumbar, termasuk juga di Kota Padang," kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Minangkabau Yudha Nugraha, Selasa (4/8/2020).

Yudha menambahkan, kondisi hujan tersebut diperkirakan lebih dominan terjadi pada pagi hingga siang hari di wilayah Sumatera Barat (Sumbar). Sedangkan di Padang sendiri kecenderungan hujan dengan intensitas sedang yang terjadi pada siang hari.

Yudha melanjutkan, saat ini cuaca di Sumbar masih cenderung berawan dengan kelembapan udara berkisar 69 sampai 98 persen dan suhu udara berkisar antara 18 sampai 31 derajat Celsius.

Berdasarkan analisis klimatologi BMKG Minangkabau, hari ini diperkirakan intensitas hujan ringan hingga sedang di wilayah Pasaman, Payakumbuh, Dharmasraya, Pesisir Selatan, dan Solok Selatan.

"Perlu diwaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir atau kilat dan angin kencang pada pagi hingga siang hari masih terjadi di wilayah Kepulauan Mentawai, Pasaman Barat, dan Pasaman," katanya.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto