BMKG: Gempa M 5,0 di Mentawai akibat Aktivitas Subduksi Zona Megathrust Mentawai-Siberut

Binti Mufarida ยท Rabu, 21 September 2022 - 08:14:00 WIB
BMKG: Gempa M 5,0 di Mentawai akibat Aktivitas Subduksi Zona Megathrust Mentawai-Siberut
Ilustrasi gempa bumi (iNews.id)

PADANG, iNews.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa dengan Magnitudo 5,0 yang mengguncang Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar). Gempa itu akibat aktivitas subduksi lempeng di zona Megathrust Mentawai-Siberut.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng di zona Megathrust Mentawai-Siberut,” kata Plt. Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono dalam keterangan resmi yang diterima, Rabu (21/9/2022).

BMKG mencatat gempa yang terjadi pada Rabu (21/9/2022) pukul 05.25 WIB ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,0. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 1,14 LS ; 98,61 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 2 Km arah Barat Siberut Barat, Kepulauan Mentawai, dengan kedalaman 40 km.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault)," kata Daryono.

Sementara itu, berdasarkan analisis hasil pengukuran percepatan getaran tanah dan pemodelan peta guncangan (shakemap), gempabumi ini menimbulkan guncangan di daerah Siberut Barat, Siberut Utara, Kepulauan Mentawai dengan skala intensitas IV MMI (Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah).

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: