Cegah Kebakaran, Lapas Pariaman Sita Kabel Liar dan Colokan Rakitan

Antara · Rabu, 08 September 2021 - 19:24:00 WIB
Cegah Kebakaran, Lapas Pariaman Sita Kabel Liar dan Colokan Rakitan
Petugas Lapas Pariaman menyita kabel liar dan colokan rakitan milik para napi untuk mencegah kebakaran. (Foto: Antara)

PARIAMAN, iNews.id - Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Pariaman, Sumatra Barat, menyita sejumlah kabel liar dan colokan rakitan milik narapidana. Upaya itu untuk mengantisipasi kebakaran seperti di Lapas Tangerang, Banten yang diduga akibat arus pendek listrik.

Kepala Lapas Pariaman, Eddy Junaedi mengatakan, mayoritas kabel yang digunakan para nabi di setiap sel adalah kabel bekas semua. 

“Colokan rakitan buatan narapidana, misalnya, menggunakan gabus bekas yang dipotong mirip colokan namun ditemukan ada jejak terbakar pada benda itu,” katanya, Rabu (8/9/2021).

Eddy menjelaskan, memakai kabel dan alat listrik di dalam sel lapas oleh narapidana merupakan pelanggaran dan kabel yang dipakai narapidana adalah kabel utama bekas yang belum sempat dibuang. 

Selain menyita kabel-kabel dan colokan listrik dari tangan narapidana, sipir juga memeriksa kondisi dan kelayakan jaringan kabel dan panel NCB.

Eddy menyebutkan, saat ini jumlah narapidana di LP Pariaman telah mencapai 558 orang dan 47 orang berada di sel tahanan Polres Pariaman dan polsek-polsek.

Eddy juga menyampaikan duka cita atas peristiwa kebakaran yang terjadi di Lapas Tanggerang yang menewaskan 41 napi dan melukai puluhan orang lainnya.

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel: