Cek Puluhan Rumah Makan di Padang, Disbudpar: Banyak Belum Terapkan Protokol Covid-19

hermawan H ยท Rabu, 13 Mei 2020 - 21:25 WIB
Cek Puluhan Rumah Makan di Padang, Disbudpar: Banyak Belum Terapkan Protokol Covid-19
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Kota Padang Arfian. (Foto: Diskominfo Kota Padang )

PADANG, iNews.id - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Padang mengunjungi rumah-rumah makan di kota itu untuk melihat penerapan protokol kesehatan di tengah pandemi virus corona (Covid-19). Hasilnya, masih banyak yang belum menerapkannya. 

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Kota Padang Arfian menyampaikan, sebanyak lebih kurang 300 rumah makan, restoran dan kafe terdata di dinasnya. Pihaknya telah mengunjungi sekitar 57 di antaranya.

"Sejak PSBB diberlakukan, kita sudah mengunjungi 57 restoran, kafe dan rumah makan," ujarnya di Balai Kota Padang, Rabu (13/5/2020).

Arfian menjelaskan dari 57 rumah makan itu, hampir seluruhnya belum menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Salah satunya, menyediakan thermogun atau alat ukur suhu tubuh bagi pengunjung yang akan masuk. 

"Dari sebanyak itu yang kami kunjungi, hanya satu restoran yang menyediakan thermogun," ujar Arfian.

Namun begitu, dari 57 rumah makan yang dikunjungi, seluruhnya telah memberlakukan penyemprotan disinfektan, menyediakan tempat cuci tangan, serta menerapkan physical distancing.

"Kami mengimbau dan berharap seluruh rumah makan menerapkan protokol kesehatan dengan menyediakan thermogun agar suhu tubuh pengunjung dapat terlacak," katanya.


Editor : Tomi Wahyudi