Cerita Nenek di Pesisir Selatan yang 12 Tahun Lumpuh dan Ingin Punya Kursi Roda

Antara ยท Jumat, 18 September 2020 - 14:35 WIB
Cerita Nenek di Pesisir Selatan yang 12 Tahun Lumpuh dan Ingin Punya Kursi Roda
Nurhayati, nenek asal Pesisir Selatan, Sumbar terima kursi roda (Antara)

PESISIR SELATAN, iNews.id - Penantian Nurhayati (65) selama 11 tahun akhirnya tiba. Warga Koto Panjang, Nagari Taluk Tigo Sakato, Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) itu akhirnya mempunyai kursi roda setelah 11 tahun menanti.

Kursi roda impiannya itu merupakan pemberian Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni. Nurhayati mengucapkan terima kasih atas pemberian itu.

"Hingga kini saya masih seperti bermimpi ketika Pak Bupati beserta istri datang ke rumah membawakan kursi roda," kata Nurhayati, Jumat (18/9/2020).

Nurhayati bercerita, hingga saat ini dia belum tahu apa yang menyebabkan kakinya lumpuh. Terhitung, dia sudah mengalami kelumpuhan selama 12 tahun.

"Tahun pertama saya masih menguatkan hati untuk bisa beraktivitas seadanya, di tahun kedua saya mulai merasa hal tersebut sangat sulit dan sejak saat itu saya merasa sangat membutuhkan kursi roda," kata dia.

Namun, dia tak sanggup membeli kursi roda karena keterbatasan ekonomi. Terlebih, harga kursi roda mencapai jutaan rupiah.

"Sehari-harinya saya hanya memanfaatkan sebuah kursi plastik jika sekadar ingin melihat-lihat lokasi di luar rumah, untuk bisa mendudukinya saya mesti dipapah terlebih dahulu," kata dia sambil berkaca-kaca.

Nurhayati mengaku kasihan terhadap anak-anaknya. Mereka harus memapah dan mengurus dirinya ketika ingin keluar rumah.

"Saya sebenarnya kasihan sama anak-anak yang saban hari mesti memapah saya," kata dia.

Dengan adanya bantuan kursi roda, dia mengaku gembira. Dia ingin berkeliling kampung menggunakannya ditemani anak dan cucu.

"Mudah-mudahan rezeki pak bupati dan istri dimudahkan oleh Allah, terima kasih atas bantuannya pak," katanya.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto