Curi Kotak Amal di Masjid, Pria di Agam Dilempar ke Kolam Ikan

Wahyu Sikumbang ยท Senin, 10 Agustus 2020 - 08:01 WIB
Curi Kotak Amal di Masjid, Pria di Agam Dilempar ke Kolam Ikan
Suroso, pelaku pencurian kotak amal di Masjid At-Taqwa, Agam, Sumbar (Wahyu Sikumbang/iNews)

AGAM, iNews.id - Nasib sial dialami oleh Suroso (31). Warga Koto Baru, Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar) ini dilempar warga ke kolam ikan karena Suroso tertangkap tangan mencuri kotak amal di Masjid At-Taqwa Bukareh, Agam.

Insiden pencurian ini terjadi pada Minggu (9/8/2020). Saat itu, Suroso dipergoki oleh Jufri Ramdani (18) warga sekitar yang melihat langsung aksi Suroso. Saat kejadian, Jufri sedang berada di sekitar masjid untuk menikmati WiFi gratis dari masjid.

Lantaran penasaran, Jufri akhirnya mengecek ke masjid. Saat mengintip di dalam masjid, dia melihat lampu di masjid yang biasanya hidup ternyata padam. Tak hanya itu, dia juga melihat ada seorang pria di dalam masjid yang gerak-geriknya mencurigakan.

"Gerak-geriknya mencurigakan. Masuk ke masjid pura-pura salat dekat kotak amal. Tak lama, dia bongkar kotak amal. Saya lihat dari ruangan di balik kaca," kata Jufri.

Jufri menambahkan, dirinya kemudian memeriksa hasil rekaman CCTV. Hasilnya, terlihat pelaku mengendarai sepeda motor masuk ke halaman masjid, setelah parkir, dia masuk ke masjid dan mematikan listrik.

Jufri dan warga Koto Tangah, Kecamatan Tilatang Kamang ini langsung menggerebek pelaku. Saat digerebek, pelaku sempat mengelak, padahal warga sudah mempergokinya.

"Kami temukan obeng dan kunci gembok kotak amal yang telah rusak," kata dia.

Suroso, pencuri kotak amal di Masjid At-Taqwq Agam, Sumbar dilempar ke dalam kolam ikan (Wahyu Sikumbang/iNews)
Suroso, pencuri kotak amal di Masjid At-Taqwq Agam, Sumbar dilempar ke dalam kolam ikan (Wahyu Sikumbang/iNews)

Warga yang geram akhirnya melempar pelaku ke dalam kolam ikan di depan masjid. Sementara warga lainnya memanggil polisi. Begitu mendapat laporan, pelaku akhirnya diamankan ke kantor polisi.

Di hadapan polisi pelaku mengaku terpaksa mencuri karena tak punya uang. Dia juga memang sengaja mematikan listrik agar aksinya tak terekam CCTV.

"Saya tau di situ ada CCTV maka saya coba matikan listriknya, saya sangka kalau lampunya mati maka CCTV mati semua, begitu tiba saya matikan motor langsung mematikan CCTV nya," kata dia.

Sementara itu, Kapolsek Tilatang Kamang AKP Lirman mengatakan, pelaku diduga kerap mencuri kotak amal di masjid,

"Jasus ini masih bisa dikembangkan karena pelaku ini tidak tertutup kemungkinan juga melakukan di tempat lain," kata dia.

Selain menangkap pelaku, polisi juga menyita barang bukti berupa dua kotak amal masjid, dua gembok kotak amal, obeng, uang yang dibuang pelaku di sudut masjid dan sepeda motor Honda Beat BA 4266 FW.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang Tindak Pidana Pencurian dengan Pemberatan dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto