Dicegat Petugas, 16 Orang Gagal Mudik ke Kepulauan Mentawai

Antara ยท Senin, 18 Mei 2020 - 11:25 WIB
Dicegat Petugas, 16 Orang Gagal Mudik ke Kepulauan Mentawai
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Sumbar Yosmeri (Antara)

PADANG, iNews.id - Sebanyak 16 orang gagal mudik ke Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar). Keberangkatan mereka digagalkan oleh Tim Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Matra Laut Pelabuhan Bungus dan Batang Arau.

“Saat tim melakukan pemeriksaan di dalam kapal nelayan itu ditemukan 16 orang, terdiri atas 13 laki-laki dan tiga perempuan,” kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Sumbar Yosmeri, Senin (18/5/2020).

Yosmeri menambahkan, selain penumpang, tim juga menemukan 1 ton BBM yang dimuat di atas kapal.

Yosmeri mengatakan, kecurigaan adanya kapal nelayan yang akan membawa penumpang ke Mentawai sudah muncul sejak Sabtu (16/5/2020).

Saat itu, kapten kapal yang bersiap berangkat. Ketika ditanya, si kapten menyebut akan memancing ikan pada Senin (18/5/2020).

“Padahal orang sudah mau Lebaran,” katanya.

Karena merasa curiga, lanjut Yosmeri, pada Minggu (17/5/2020), Yosmeri bersama tim kembali memeriksa kapal tersebut dan menemukan 16 penumpang di atas kapal.

"Pengakuan penumpang mereka hendak ke Pulau Pagang. Namun tidak mungkin ke Pulau Pagang bawa BBM sebanyak satu ton. Setelah diperiksa, dipastikan mereka mau ke Mentawai," kata dia.

Sesuai Permenhub 25/2020 seluruh angkutan, termasuk kapal, dilarang membawa penumpang. Terlebih Mentawai juga tengah menerapkan karantina wilayah untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

“16 penumpang yang ditemukan di atas kapal tidak boleh berangkat dan disuruh balik,” kata dia.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto