Dipindah ke Rutan, 14 Tahanan Polres Tanah Datar Jalani Tes Swab

Agung Sulistyo ยท Kamis, 09 Juli 2020 - 13:48 WIB
Dipindah ke Rutan, 14 Tahanan Polres Tanah Datar Jalani Tes Swab
Tahanan melakukan tes swab Covid-19 (Agung Sulistyo/iNews)

TANAH DATAR, iNews.id - Jajaran Polres Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar) menggelar tes swab terhadap 14 tahanan baru. Tes digelar untuk memastikan kondisi para tahanan sebelum dipindahkan ke rumah tahanan Batusangkar.

Kasat Tahanan dan Barang Bukti (Tahti) Polres Tanah Datar Iptu Erwan Yulimusnadi mengatakan, berkas ke-14 tahanan itu sudah diserahkan dan diterima oleh kejaksaan (p21). Nantinya, para tahanan akan menjalani sidang.

"Tes swab ini dilakukan di Mapolres Tanah Datar dan bekerjasama dengan Kejaksaan dan Pengadilan Negeri Tanah Datar serta Puskesmas Pagaruyung," kata Erwan, Kamis (9/7/2020).

Dari pantauan di lokasi, tampak satu persatu tahanan melakukan tes swab dari balik jeruji tahanan. Sementara agar aman, dipasang sekat plastik di jeruji besinya.

Petugas medis melakukan tes swab Covid-19 terhadap tahanan (Agung Sulistyo/iNews)
Petugas medis melakukan tes swab Covid-19 terhadap tahanan (Agung Sulistyo/iNews)

Terlihat juga petugas medis mengenakan pakaian hazmat lengkap dengan sarung tangan mengambil sampel swab dari para tahanan.

"Jika nanti hasilnya negatif, mereka akan langsung dipindahkan ke Rutan Batusangkar," katanya.

Pemindahan itu, lanjut dia, sesuai dengan SOP dan mengutamakan protokol kesehatan Covid-19.

Sementara jika ada tahanan yang positif, maka pihak Polres Tanah Datar akan berkoordinasi dengan dinkes agar tahanan itu diisolasi atau dikarantina.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto