Diskusi dengan Pemimpin Daerah di Sumbar, Sandiaga Uno Titip Digitalisasi Sektor Parekraf

Kastolani · Selasa, 13 April 2021 - 19:44:00 WIB
Diskusi dengan Pemimpin Daerah di Sumbar, Sandiaga Uno Titip Digitalisasi Sektor Parekraf
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menekankan, pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) Sumatra Barat (Sumbar) telah masuk ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN). Merujuk hal itu, dia berpesan agar digitalisasi desa wisata dikembangkan di Sumbar.

Hal it disampaikannya saat berdiskusi dengan Anggota Komisi VI DPR Andre Rosiade yang juga Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar, Selasa (13/4/2021). Wali kota dan bupati se-Sumbar juga hadir dalam diskusi di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat itu.

Menurut Sandi, pengembangan digitalisasi dapat secara langsung mengangkat potensi desa wisata, termasuk desa wisata Tugu Gadang dan Desa Wisata Sawahlunto yang kini telah menjadi warisan dunia pada tahun 2019.

Desa wisata yang tersebar di kota dan kabupaten di Provinsi Sumbar antara lain Solok, Sawahlunto, Pariaman, Padang Panjang, Agam, Tanah Datar, Pesisir Selatan dan Sijunjung.

"Sekarang saya bertugas di Kementerian Parekraf. Jadi, yang terpikir adalah bagaimana menggali potensi karena di RPJMN ini sudah ditetapkan bahwa Bukit Tinggi, Padang ini sebagai destinasi wisata pengembangan," katanya.

"Jadi kita harus terus memberikan perhatian, kita memang punya sumber daya alam, ekonomi kreatif dan destinasi wisata di sana, tapi bagaimana kita mengembangkan ke depannya," ujarnya.

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2