Gempa Magnitudo 4,9 Goyang Kepulauan Mentawai, Getaran hingga Siberut

Nur Ichsan ยท Selasa, 08 September 2020 - 13:03:00 WIB
Gempa Magnitudo 4,9 Goyang Kepulauan Mentawai, Getaran hingga Siberut
Ilustrasi gempa bumi. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Gempa bumi magnitudo 4,9 mengguncang Kepulaun Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar) pada Selasa (8/9/2020). Gempa tersebut terjadi sekitar pukul 11.37 WIB.

Laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pusat gempa tersebut berada di laut 164 kilometer barat daya laut Kota Tuapejat, Kepulauan Mentawai dengan kedalaman 18 km.

Titik lokasi gempa berada di 0.97 lintang selatan (LS) dan 98.57 bujur timur (BT). Getaran gempa diraakan di daerah Siberut.

Sementara itu,Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng Indo-Autralia di Barat Sumatera.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik atau thrust fault," kata Rahmat lewat keterangan tertulisnya, Selasa (8/9/2020).

Rahmat menambahkan, guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Siberut IV MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami," katanya.

Rahmat melanjut, belum ada laporan gempa susulan. Meski begitu, dia mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Kemudian, menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan," kata dia.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto