Gubernur Irwan: Masih Ada 3 Zona Hijau Corona di Wilayah Sumbar

Antara ยท Jumat, 15 Mei 2020 - 20:28 WIB
Gubernur Irwan: Masih Ada 3 Zona Hijau Corona di Wilayah Sumbar
Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno (Antara)

PADANG, iNews.id - Tiga daerah di Sumatera Barat (Sumbar) masih tergolong zona hijau penyebaran virus corona atau Covid-19. Hingga saat ini, belum ada warga di tiga daerah itu yang terindikasi virus corona.

“Tiga daerah itu yakni Kota Sawahlunto, Solok dan Kabupaten Sijunjung. Tiga daerah ini harus menyosialisasikan protokol kesehatan terkait Covid-19 pada warganya agar tidak terjadi penularan dan tetap jadi zona hijau," kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno di Padang, Jumat (15/5/2020).

Irwan menambahkan, saat ini dari 19 kabupaten dan kota di Sumbar, 16 di antaranya dinyatakan sebagai zona merah karena ada warganya yang terindikasi positif Covid-19.

“Namun dari 16 daerah itu, sudah ada yang menunjukkan tren penurunan kurva penyebaran,” kata dia.

Irwan mengatakan, klaster yang sebelumnya menjadi rantai penyebaran sudah berhasil diatasi, seperti di Pasaman Barat dan di Pesisir Selatan.

Hanya saja, lanjut Irwan, masih ada beberapa daerah yang menunjukkan tren naik, yaitu Kota Padang, Padang Panjang, Payakumbuh dan Limapuluh Kota.

Klaster Pasar Raya Padang adalah yang terbesar berhasil ditracing oleh tim medis. Dari hasil tracing, kurva penyebaran COVID-19 di kota itu masih terus menanjak.

Untuk diketahui, pasien positif corona atau Covid-19 di Sumbar bertambah. Menurut laporan media harian Covid-19, Jumat (15/5/2020) ada tambahan 22 kasus di Sumbar.

Dengan tambahan itu, jumlah pasien positif corona di Sumbar menjadi 393 orang. Sementara itu, pasien sembuh bertambah dua orang sehingga total yang sembuh ada 88 orang. Sedangkan pasien meninggal tetap 21 orang.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto