Gubernur Sumbar: Orang Menolak Divaksin Covid karena Percaya Hoaks di Medsos

Antara ยท Jumat, 22 Januari 2021 - 11:52:00 WIB
Gubernur Sumbar: Orang Menolak Divaksin Covid karena Percaya Hoaks di Medsos
Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno (ANTARA/Miko Elfisha)

PADANG, iNews.id - Banyaknya berita hoaks tentang vaksin Covid-19 di media sosial (medsos) ternyata berimbas ke masyarakat. Banyak orang yang menolak disuntik vaksin Covid-19 karena percaya dengan hoaks.

"Ada banyak info yang perlu diluruskan soal vaksin ini, agar masyarakat tidak mendapatkan informasi yang menyesatkan," kata Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno, Jumat (22/1/2021).

Irwan menambahkan, vaksin Covid-19 merupakan salah satu solusi pemecahan masalah pandemi sehingga orang menjadi kebal dari paparan virus dan mengurangi laju penyebaran virus.

"Kalau misalnya kita tidak mau divaksin terus pakai apalagi? Apa akan terus begini tidak produktif dalam beraktivitas," katanya.

Menurutnya terkait dengan adanya perbincangan soal kandungan vaksin, MUI sudah menyatakan halal.

"Lalu siapa lagi yang lebih berhak menyebut halal dan haram kalau bukan MUI, kalau MUI sudah menyatakan halal ya sudah kita ikut saja," kata dia.

Lebih lanjut Irwan mengatakan, di media sosial ada yang menyatakan vaksin tersebut mempunyai kandungan haram, padahal yang menyampaikan informasi itu bukan ustaz bukan pula ulama.

"Ini yang saya tidak mengerti, bukan ahlinya yang bicara," katanya.

Dia mengajak para pakar, pemangku kepentingan dan semua pihak bersama-sama berperan meluruskan informasi keliru soal vaksin.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto