Guru Agama di Pasaman Barat Terbatas, 55 TPA Tidak Ada yang Mengajar

Antara · Kamis, 08 Juli 2021 - 08:23:00 WIB
Guru Agama di Pasaman Barat Terbatas, 55 TPA Tidak Ada yang Mengajar
Guru agama di Pasaman Barat terbatas, 55 TPA tidak ada yang mengajar (Ilustrasi guru agama/Antara)

PASAMAN, iNews.id - Guru Pendidikan Agama di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) terbatas. Akibatnya, ada 55 Taman Pendidikan Al-Quran/Madrasah Diniyah Al-Quran (TPA/MDA) di wilayah itu tidak aktif karena tidak ada yang mengajar.

"Benar, dari 432 total TPA/MDA yang aktif 377 dan tidak aktif 55," kata Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat Pemkab Pasaman Barat Hendrizal, Kamis (7/8/2021).

Hendrizal menambahkan, untuk itu, saat ini pihaknya akan memberdayakan guru agama yang ada selain nanti juga memfungsikan da'i nagari (desa) atau penyuluh agama yang ada.

"Saat ini kita sedang menyeleksi da'i nagari yang akan ditempatkan di nagari yang ada. Dari 251 yang ikut tes akan diambil 218 orang," katanya.

Menurut dia, da'i nagari itu bertugas sebagai koordinator kegiatan keagamaan pada setiap nagari dan kecamatan seperti melakukan pembinaan kepada TPA/MDA, pondok tahfiz dan pondok Quran, wirid yasin dan kegiatan keagamaan lainnya.

"Untuk menjadi seorang da'i nagari itu setiap peserta seleksi harus mampu menguasai beberapa materi seperti khutbah, baca quran, imam salat dan salat jenazah serta fardu kifayah," kaatanya

"Apabila materi tersebut tidak dikuasai oleh peserta seleksi, tentu penilaian dari panitia ada," jelasnya.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto