Harimau Masuk Perkampungan Warga di Pasaman, Petugas BKSDA Temukan Jejak Kaki

Antara · Minggu, 21 Februari 2021 - 10:22:00 WIB
Harimau Masuk Perkampungan Warga di Pasaman, Petugas BKSDA Temukan Jejak Kaki
Harimau sumatra (Foto Ilustrasi: Antara)

PASAMAN, iNews.id - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatra Barat memastikan ada dua harimau sumatra yang melintasi perkampungan di Pagaran Tanjung Botung atau Batang Lubu Nagari Koto Nopan Rao Utara, Kabupaten Pasaman. Kedua hewan dilindungi ini memasuki perkampungan sejak beberapa hari lalu.

"Berdasarkan jejak kaki itu maka dipastikan ada dua ekor harimau. Satu induk dan seekor lagi anak," ujar Kepala Seksi Konservasi Wilayah I BKSDA Sumbar Khairi Ramadhan, Sabtu (20/2/2021).

Dia mengatakan, berdasarkan kajian tim yang turun langsung ke lokasi harimau itu melintas mendapati bahwa mereka mengubah jalur perlintasan dari satu bukit ke bukit lainnya.

"Kebetulan antara satu bukit dengan bukit lainnya ada sebuah perkampungan warga sebanyak 14 kepala keluarga," katanya.

Menurutnya, dekat perbukitan itu ada jalan dan turunan semak belukar menuju sebuah sungai. Diduga harimau itu menyeberangi sungai dan masuk perkampungan sebelum menuju perbukitan satunya lagi.

"Sebelumnya sejumlah warga menuju ke sungai pada pagi hari dikejutkan dengan auman harimau," ujarnya.

Mendengar auman tersebut, warga ketakutan dan berlarian menuju ke rumah masing-masing. Setelah itu ada warga yang mendekat ke sungai dan melihat ada jejak harimau.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2