IDI Sumbar: 3 Dokter Gugur selama Pandemi, 400 Terpapar Covid-19

Rus Akbar · Kamis, 29 Juli 2021 - 10:57:00 WIB
IDI Sumbar: 3 Dokter Gugur selama Pandemi, 400 Terpapar Covid-19
Tenaga kesehatan dengan menggunakan APD lengkap yang berjuang sebagai garda terdepan dalam menangani pasien Covid-19. (Foto: Antara)

PADANG, iNews.id - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sumatra Barat (Sumbar) mencatat, sejak masa pandemi sudah tiga dokter yang gugur akibat Covid-19. Selain itu, 400 lainnya terpapar virus Corona. Bahkan saat ini masih ada 80 dokter yang dirawat maupun isolasi mandiri.

"Banyaknya jumlah dokter yang saat ini dirawat terjadi seiring dengan lonjakan kasus positif Covid-19 di Sumbar dalam beberapa bulan terakhir. Mereka yang terpapar ini bertugas di berbagai rumah sakit daerah di Sumbar,” ujar Ketua IDI Sumbar Dokter Pom Harry Satria, Kamis (29/7/2021)

Menurutnya, rata-rata yang terpapar merupakan tenaga medis produktif. Mereka yang selama ini memberikan pelayanan maksimal kepada pasien Covid-19.

“Mereka kelelahan karena kelebihan jam kerja. Itu tentu sangat memengaruhi,” katanya.

Dia merinci, ketiga dokter yang meninggal yakni berasal dari Rumah Sakit Umum Pusat M Djamil Kota Padang, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman dan RSUD Arosuka Kabupaten Solok.

“Satu meninggal tahun lalu, dua lagi di tahun ini,” ucapnya.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2