Jejak dan Auman Harimau Gemparkan Warga Solok, BKSDA Turunkan Tim

Antara · Selasa, 19 Juli 2022 - 23:24:00 WIB
Jejak dan Auman Harimau Gemparkan Warga Solok, BKSDA Turunkan Tim
Harimau Sumatera berkeliaran di Kabupaten Solok. ( Foto: Antara)

SOLOK, iNews.id - Penemuan jejak harimau sumatera menggegerkan warga di Nagari Gantung Ciri, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

Selain menemukan jejak, warga juga mengaku kerap mendengar auman harimau di kawasan perkebunan masyarakat.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kabupaten Solok, Afrilius membenarkan bahwa telah terjadi konflik satwa liar berupa harimau sumatera yang memasuki kebun warga di Jorong Beringin Nagari Gantung Ciri, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok.

"Di mana dilaporkan mulai sejak hari Jumat sore hingga hari Sabtu pagi tanggal 16 Juli 2022. Ada warga yang melihat harimau tersebut sedang membawa anaknya dan ada juga yang melaporkan mendengar suara aumannya," kata dia, Selasa (19/7/2022).

Dia menjelaskan, tim BKSDA dan warga menyisir kawasan perkebunan dan ditemukan jejak-jejak tapak kakinya. Kemudian pada malam Sabtu sekitar pukul 21.00 WIB hingga pukul 24.00 WIB warga yang berkebun di lokasi tersebut beserta kelompok konservasi yang sudah dibentuk dan dipimpin oleh Wali Nagari Hendri Yudha melakukan pertemuan.

"Pertemuan tersebut diadakan dalam rangka mengantisipasi jatuhnya korban yang disupervisi dan edukasi oleh kita dari BKSDA melalui telepon dan WA," ujar dia.

Dia menjelaskan, pada Senin (18/7) kemarin tim WRU dan TKW Barisan Solok melakukan identifikasi dan verifikasi di lokasi konflik satwa liar tersebut.

Selain itu, Tim dari Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar bersama jajaran Polres Solok juga telah melakukan monitoring ke wilayah tersebut.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: