Jelang Lebaran, Arus Kendaraan ke Padang Terus Meningkat

hermawan H ยท Jumat, 22 Mei 2020 - 22:01 WIB
Jelang Lebaran, Arus Kendaraan ke Padang Terus Meningkat
Petugas mengecek identitas setiap warga yang memasuki Kota Padang, Sumbar, Jumat (22/5/2020). (Foto : Diskominfo Padang)

PADANG, iNews.id - Arus kendaraan memasuki Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), terus meningkat, menjelang Hari Raya Idul Fitri 1441 yang jatuh pada Minggu (24/5/2020). Kondisi ini terlihat di Posko Protek Perbatasan Covid-19 di Anak Aie, Jumat (22/5/2020).

"Ada peningkatan jumlah kendaraan yang datang pada hari ini," ujar Yetri, petugas pencatat kendaraan yang datang di posko tersebut.

Yetri menuturkan, sejak pukul 07.00 WIB hingga 15.00 WIB, sebanyak 345 unit kendaraan melewati posko. Sementara di hari sebelumnya di waktu yang sama, jumlah kendaraan ke Padang hanya berkisar 200 unit kendaraan.

"Diperkirakan dalam sehari ini lebih 1.000 unit kendaraan ke Padang. Di hari-hari sebelumnya, jumlah kendaraan hanya berada di kisaran maksimal 1.000 unit kendaraan," ujarnya. 

Yetri mengakui masih ada pemilik kendaraan yang tidak membawa identitas lengkap dan surat izin atau tugas dari daerah asal. Petugas langsung meminta mereka putar balik ke daerahnya dan tidak diizinkan memasuki Kota Padang.

"Identitas warga yang masuk  Padang dicatat, tujuan ke Padang juga dicatat. Jika tidak memiliki tanda pengenal berdomisili di Padang, kita suruh putar balik," katanya.

Dia menambahkan, sejak pukul 07.00 WIB hingga sore tadi, sudah enam kendaraan yang disuruh putar balik. Petugas akan terus memeriksa setiap pengendara yang lewat untuk memastikan pelaksanaan protokol kesehatan Covid-19 demi mencegah penularan virus corona.


Editor : Tomi Wahyudi