Jelang Lebaran, Pemprov Sumbar Perketat Penjagaan di Perbatasan

Antara ยท Selasa, 19 Mei 2020 - 13:03 WIB
Jelang Lebaran, Pemprov Sumbar Perketat Penjagaan di Perbatasan
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (Antara)

PADANG, iNews.id - Penjagaan di perbatasan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) akan diperketat menjelang Idul Fitri 1441 Hijriah. Hal ini dilakukan karena daerah itu masih dalam penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hingga 29 Mei 2020.

"Keputusan pemerintah tetap, dilarang mudik. Karena itu tidak akan ada pelonggaran penjagaan meski mendekati Lebaran," kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno di Padang, Selasa (19/8/2020).

Irwan menambahkan, membiarkan pengendara ke luar masuk apalagi mudik berpotensi untuk menambah kasus penyebaran Covid-19 di daerah itu. Padahal saat ini dia mengklaim beberapa klaster penyebaran virus di daerah itu sudah mulai melandai.

"Kita harus menjaga agar tidak ada klaster baru lagi agar bisa fokus menangani klaster yang telah teridentifikasi. Karena itu pergerakan masyarakat memang dibatasi untuk sementara," kata dia.

Lebih lanjut Irwan mengatakan, pengendara yang berupaya untuk masuk ke Sumbar akan dicegat oleh petugas di perbatasan dan diminta untuk putar balik ke arah semula.

Saat disinggung orang yang masuk Sumbar melalui jalur udara, Irwan meyakini mereka bukan mudik tetapi melakukan perjalanan karena ada tugas pekerjaan atau berkaitan dengan upaya penanganan Covid-19.

"Kan memang ada beberapa pengecualian sesuai Permenhub 25/2020," katanya.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto