Jembatan Kayu Gadang Padang Pariaman Ambruk, 1 Pekerja Tewas

Antara ยท Rabu, 03 Juni 2020 - 18:06 WIB
Jembatan Kayu Gadang Padang Pariaman Ambruk, 1 Pekerja Tewas
Sejumlah warga melihat proses evakuasi korban ambruknya sisa jembatan Kayu Gadang, Kecamatan Lubuk Alung, Padang Pariaman, Sumbar. (Antara)

PADANGPARIAMAN, iNews.id - Jembatan Kayu Gadang yang berada di Kecamatan Lubuk Alung, Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) ambruk. Akibatnya, satu orang tewas sementara empat orang lainnya terluka.

Kapolres Padang Pariaman AKBP Dian Nugraha Hyang Batara Wasida Putra Sakti mengatakan, satu pekerja yang meninggal bernama Makbul Rasyid Hasibuan (37), warga Padang Sidimpuan Utara.

“Korban tertimpa besi jembatan,” kata Dian, Rabu (3/6/2020).

Dian menambahkan, peristiwa ini terjadi pada Selasa (2/6/2020) sekitar pukul 17.00 WIB. Saat itu, pekerja sedang melaksanakan pemutusan kerangka atas jembatan. Namun tiba-tiba penyambung bawah jembatan terlepas.

“Kelima korban ikut jatuh bersama kerangka jembatan. Empat orang korban berhasil dievakuasi,” kata dia.

Kemudian, korban yang meninggal dunia juga berhasil dievakuasi beberapa jam kemudian.

“Korban terjepit reruntuhan besi jembatan. Dia meninggal mengalami luka berat di kepala,” katanya.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Padang Pariaman Iptu Abdul Kadir Jailani mengatakan, pihaknya sudah mulai melakukan penyelidikan terkait ambruknya jembatan itu.

"Mulai hari ini kami melakukan pemanggilan pihak terkait untuk meminta keterangan," kata Abdul.

Abdul menambahkan, pihaknya memanggil mulai dari kontraktor, pengawas, serta dinas terkait dalam pengerjaan proyek tersebut.

Menurut dia, polisi ingin melihat apakah pengerjaan proyek tersebut sesuai dengan standar operasional prosedur yang telah ditetapkan.

“Sebelum kami periksa, kemarin kami sudah melakukan olah tempat kejadian perkara serta meminta keterangan dari sejumlah saksi di lokasi kejadian,” kata dia.

Pihaknya saat ini belum bisa menentukan adanya pelanggaran hukum terkait peristiwa tersebut karena masih dalam penyelidikan.

Untuk diketahui, jembatan itu pernah ambruk pada 2017 lalu dan tidak berapa lama pemerintah membangun jembatan darurat dengan memanfaatkan sisa jembatan lama.

Tahun ini, jembatan tersebut kembali dibangun dengan menggunakan dana dari pemerintah pusat namun saat pembongkaran sisa jembatan lama, bangunannya ambruk.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto