Kawanan Tawon Menyerang Warga di Bukittinggi, 2 Sarang Dimusnahkan

Wahyu Sikumbang ยท Minggu, 30 Agustus 2020 - 09:56 WIB
Kawanan Tawon Menyerang Warga di Bukittinggi, 2 Sarang Dimusnahkan
Petugas PMI mengevakuasi sarang tawon di Bukittinggi yang meresahkan warga, Sabtu (29/8/2020) malam. (iNews.id/Wahyu Sikumbang)

BUKITTINGGI, iNews.id - Kawanan tawon menyerang lima orang di dua kawasan berbeda di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Sarang tawon tersebut yang berada di pinggir Jalan Urip Sumoharjo dan rumah seorang warga akhirnya dievakuasi karena meresahkan warga.

Kawanan tawon yang bersarang di atas pohon dengan ketinggian sekitar 15 meter itu dilaporkan mulai meresahkan warga sekitar.

Pada Sabtu ((29/8/2020) pagi, seorang warga usai sarapan di wisata kuliner depan Masjid Al-Hanif diserang kawanan tawon yang bersarang di pohon tersebut.

Menurut keterangan warga, kawanan tawon telah lama bersarang di pohon pelindung yang berada di pinggir jalan itu. Namun dalam enam bulan terkahir, sarang tawon terlihat terus membesar hingga akhirnya menyerang pengunjung.

Petugas PMI mengevakuasi sarang tawon di pohon yang meresahkan warga. (iNews.id/Wahyu Sikumbang)
Petugas PMI mengevakuasi sarang tawon di pohon yang meresahkan warga. (iNews.id/Wahyu Sikumbang)

Sementara di Kelurahan Sarojo, Kecamatan Campago Guguak Bulek, dilaporkan empat orang warga disengat kawanan tawon dalam tiga hari terakhit yang bersarang di atap rumah milik seorang warga.

Hanafi, seorang warga setempat menuturkan, yang menjadi korban sengatan tawon yakni orang dewasa. Namun warga khawatir akan menyerang anak-anak lalu dilaporkan ke petugas,"

"Karena sudah meresahkan masyarakat dan sudah banyak yang kena sengat tawon tiga hari belakangan ini," ujar Hanafi di lokasi, Minggu (30/8/2020).

Sementara itu Kepala Markas Palang Merah Indonesia Kota Bukittinggi Ahmad Jais mengatakan, evakuasi sarang tawon di dua lokasi itu telah dilakukan. Sarang tawon pertama berada di pohon kayu yang tinggi sekitar 15-20 meter. Lokasi kedua di atap rumah seorang warga yang tidak terlalu tinggi tapi sarang tawon berukuran cukup besar.

"Masyarakat meminta bantuan PMI untuk mengevakuasi sarang tawon," tuturnya.

Pantauan iNews.id, evakuasi sarang tawon di lokasi ini cukup memakan waktu. Petugas dengan berpakaian alat pelindung diri menyemprotkan racun serangga untuk melumpuhkan kawanan tawon yang mulai keluar dari sarangnya karena terusik.

Besarnya ukuran sarang tawon yang mencapai lebih dari satu meter membuat petugas terpaksa membobol atap rumah untuk mengambil seluruh sarang yang menempel pada sisi bawah atap.


Editor : Reza Yunanto