Kejahatan di Padang Menurun, Namun Kasus Pencurian Masih Mendominasi

Antara ยท Selasa, 21 Juli 2020 - 19:15 WIB
Kejahatan di Padang Menurun, Namun Kasus Pencurian Masih Mendominasi
Kapolresta Padang Kombes Pol Yulmar (Budi Sunandar/iNews)

PADANG, iNews.id - Jumlah kejahatan di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) dianggap menurun. Hal ini diketahui dari catatan jajaran Polresta Padang selama Januari-Juni 2020.

"Berdasarkan catatan kami pada Januari-Juni 2020 jumlah kasus yang diterima sebanyak 1.922 kasus, sedangkan pada Januari-Juni 2019 sebanyak 2.477 kasus," kata Kapolresta Padang Kombes Pol Yulmar Try Himawan di Padang, Selasa (21/7/2020).

Yulmar menambahkan, data penyelesaian kasus pada semester pertama 2020 itu tercatat sebanyak 1.421 kasus, sedangkan pada 2019 sebanyak 1.473 kasus.

"Data itu akan menjadi dasar serta evaluasi dalam melakukan tugas serta kinerja di wilayah Kota Padang," katanya.

Yulmar mengatakan, dari data penanganan kasus semester pertama 2020 tersebut juga diketahui kasus yang mendominasi masih tindakan pencurian. Hal ini masih sama dengan 2019, yakni tindakan pencurian dengan pemberatan, pencurian biasa, dan pencurian kendaraan bermotor.

Yulmar melanjutkan, pihaknya juga akan terus berupaya untuk mengayomi, melindungi, dan memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

Salah satunya melalui peran Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) sebagai garda terdepan yang berhubungan langsung dengan masyarakat.

Kepolisian mengajak masyarakat bersama-sama dalam menjaga keamanan dan kondusifitas daerah, serta memghindari segala bentuk pelanggaran hukum. Polresta tak akan main-main dengan pelaku tindak kejahatan.

"Para pelaku pidana yang terbukti pasti kami tindak tegas," katanya.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto