Tak Punya Uang, Ibu Muda di Padang Jual Bayi Mungil Seharga Rp3 Juta

Budi Sunandar ยท Selasa, 21 Juli 2020 - 14:23 WIB
Tak Punya Uang, Ibu Muda di Padang Jual Bayi Mungil Seharga Rp3 Juta
Fitri, ibu penjual bayi di Padang, Sumbar (Budi Sunandar/iNews)

PADANG, iNews.id - Jajaran Polsek Lubuk Begalung (Lubeg) menangkap seorang ibu muda yang menjual bayinya yang masih berusia 3 pekan. Pelaku diketahui bernama Fitri (25), warga Pampangan, Kecamatan Lubeg, Padang, Sumatera Barat (Sumbar).

Kapolsek Lubeg AKP Andi P Lorena mengatakan, pelaku ditangkap setelah polisi menerima laporan dari warga terkait ulah pelaku yang menjual bayinya.

"Ada informasi dari masyarakat jika seorang wanita yang telah dua kali menjual bayinya kepada orang lain," kata Andi, Selasa (21/7/2020).

Andi menambahkan, dari laporan itu polisi langsung melakukan penyelidikan dan pendalaman, hasilnya pelaku ditemukan keberadaannya.

"Kami telusuri dan temukan ibu dan rekan yang menjual bayi," kata dia.

Usai menemukan pelaku, kata Andi, polisi kemudian mendatangi rumah salah seorang warga yang diduga mengadopsi bayi yang belum genap sebulan itu. Bayi berjenis kelamin laki-laki itu diasuh oleh pasangan suami istri yang selama ini tidak memiliki keturunan.

Dari hasil pemeriksaan dan penelusuran, kata Andi, pelaku menjual bayinya senilai Rp3 juta.

"Kami cari bayi itu dan berhasil ditemukan. Faktanya telah terjadi transaksi Rp3 juta untuk persalinan dan biaya hidup sehari-hari," katanya.

Andi mengatakan, bayi itu dijual karena pelaku tidak memiliki uang.

"Motifnya si ibu karena tidak memiliki uang atau keterbatasan ekonomi dan tidak tahu siapa bapak itu. Sehingga diserahkan ke orang lain namun tidak sesuai prosedur," kata dia.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan Pasal 83 Undang-Undang Perlindungan Anak dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto