Beruang Madu Kerap Muncul di Ladang, Warga Mandailing Natal Minta BTBG Tangkap dan Evakuasi

Stepanus Purba ยท Sabtu, 05 Oktober 2019 - 12:06 WIB
Beruang Madu Kerap Muncul di Ladang, Warga Mandailing Natal Minta BTBG Tangkap dan Evakuasi
Petugas dari Balai Taman Nasional Batang Gadis bersama dengan warga memasang kandang jebak beruang madu. (Foto: Istimewa)

MANDAILING NATAL, iNews.id – Warga Kecamatan Ulu Pungkut Resort 4 Alahan Kae, Kabupaten Mandailing Natal, Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) meminta Balai Taman Nasional Batang Gadis (BTBG) juga memasang dua kandang jebak. Hal ini lantaran adanya beruang madu yang kerap berkeliaran di ladang warga.

Menurut Kepala Sub Bagian Tata Usaha BTBG Mandailing Natal, Booby Noprady, dua minggu terakhir, warga merasa was-was saat berladang. Mereka meyakini ada beruang madu yang berkeliaran di sekitar ladang.

“Warga menemukan jejak kaki binatang di tanah dan sejumlah bekas cakaran di pohon,” katanya, Sabtu (5/0/2019).

BACA JUGA: Evakuasi 2 Beruang Madu Terkena Jerat Babi di Aceh

Sebenarnya warga sudah terbiasa dengan kemunculan hewan ini. Namun dalam dua minggu terakhir, kemunculan beruang madu ini makin sering.

Untuk itu, BTBG Mandailing Natal sudah menyiapkan camera trap untuk memastikan keberadaan beruang madu dan memasang dua kandang jebak di titik potensial."Dugaan kita, beruang ini sama dengan beruang yang muncul di perladangan warga beberapa bulan yang lalu, yang sudah kita halau ke dalam hutan," katanya.

Bobby menambahkan, saat ini pihaknya belum mengetahui ukuran beruang tersebut. Namun jika melihat cakarannya di batang pohon, beruang madu tersebut sudah beruang dewasa.


Editor : Umaya Khusniah