Kereta Api Legendaris Mak Itam Kembali Jajal Rel Sawahlunto-Muaro Kalaban

Antara ยท Jumat, 01 Juli 2022 - 19:53:00 WIB
Kereta Api Legendaris Mak Itam Kembali Jajal Rel Sawahlunto-Muaro Kalaban
Kereta api legendaris dari Ranah Minang yang biasa disebut Mak Itam (Lokomotif Uap E1060) ditargetkan bisa kembali beroperasi menjajal rel dari Sawahlunto menuju Muaro Kalaban, Sumatera Barat (Sumbar). (Foto: Antara).

PADANG, iNews.id - Kereta api legendaris dari Ranah Minang yang biasa disebut Mak Itam (Lokomotif Uap E1060) ditargetkan bisa kembali beroperasi menjajal rel dari Sawahlunto menuju Muaro Kalaban, Sumatera Barat (Sumbar). Target tersebut dalam waktu enam bulan ke depan atau Januari 2023.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, perbaikan sarana dan prasarana sekaligus pengoperasian KA itu dilakukan atas aspirasi masyarakat Sumbar yang dibawa oleh sejumlah kepala daerah.

"Kita perbaiki sarana dan prasarananya agar Mak Itam bisa kembali melayani masyarakat dalam rangka menunjang pariwisata di Sumbar," ujar Didiek di Sawahlunto, Jumat (1/7/2022).

Dia menuturkan, empat BUMN yang berkolaborasi untuk perbaikan sarana dan prasarana serta pengoperasian Mak Itam itu di antaranya PT Kereta Api Indonesia (Persero), PT Bio Farma (Persero), PT Pupuk Indonesia (Persero) dan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG).

"Perbaikan sarana sudah kita mulai sebulan lalu dan perbaikan prasarana kita mulai hari ini. Ditargetkan dalam waktu enam bulan akan selesai," tuturnya.

Menurutnya, pekerjaan perbaikan jalur sepanjang empat kilometer dan perbaikan lokomotif uap E1060 atau yang biasa disebut dengan Mak Itam ditargetkan memakan waktu selama enam bulan. Diharapkan operasional KA lintas Sawahlunto-Muaro Kalaban dapat dilakukan pada Januari 2023.

Editor : Kurnia Illahi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: