Kucing Emas Langka yang Terjerat Perangkap Babi di Agam Akhirnya Mati

Wahyu Sikumbang ยท Jumat, 19 Juni 2020 - 10:34 WIB
Kucing Emas Langka yang Terjerat Perangkap Babi di Agam Akhirnya Mati
Kucing emas alias Asian Golden Cat atau Catompuma Temmicki terjerat perangkat babi di hutan Agam, Sumbar (Wahyu Sikumbang/iNews)

BUKITTINGGI, iNews.id - Kucing emas yang ditemukan terjerat perangkap babi hutan akhirnya tewas. Kucing langka itu tewas setelah dua hari dirawat di Lembaga Konservarsi Taman Marga Satwa Budaya dan Kinantan (TMSBK) Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar).

Kepala BKSDA Bukittinggi, Vera Chiko mengatakan, satwa langka dengan nama lati Catompuma Temmicki itu tewas pada Kamis dini hari (18/6/2020).

“Tim medis sudah berupaya maksimal, tapi kucing jantan itu ternyata mengalami luka yang sangat parah,” kata Vera, Jumat (19/6/2020).

Vera menambahkan, selain luka jeratan yang memburuk, kucing berusia empat tahun itu diduga sudah sakit sebelum tertangkap. Hal ini diketahui karena ditemukan kutu parasit di sekujur tubuhnya.

“Banyaknya ditemukan caplak atau ektoparasit di sekujur tubuh hewan. Dia mengalami anemia berat, terbukti dengan ukuran tubuhnya yang sudah kurus, yang keempat dia mengalami depresi yang cukup berat,” kata Vera.

Untuk diketahui, kucing emas malang itu terjerat perangkat babi hutan yang dipasang warga di hutan dekat Sungai Dareh, Jorong Pauah, Nagari Kamang Mudiak, Kamang Magek, Agam, Sumbar.

Saat ditemukan, kondisinya cukup parah dan sangat lemah karena tergantung hampir 10 jam. Tak hanya itu, kaki kiri kucing itu mengalami luka parah hingga dikerubuti lalat.

Bangkai kucing emas itu dikuburkan di samping klinik TMSBK Bukittinggi.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto