Laman PPDB Error, Ketua DPRD Minta Disdik Sumbar Perpanjang Masa Pendaftaran

Antara ยท Rabu, 24 Juni 2020 - 14:01 WIB
Laman PPDB Error, Ketua DPRD Minta Disdik Sumbar Perpanjang Masa Pendaftaran
Ilustrasi new normal di sekolah. (Foto: Antara-Syaiful Arif)

PADANG, iNews.id - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Barat (Sumbar) Supardi meminta Dinas Pendidikan (Disdik) Sumbar memperpanjang jadwal Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA. Pasalnya, laman pendaftaran daring untuk SMA mengalami gangguan.

"Jadwal pendaftaran yang error selama satu setengah hari itu adalah hak calon peserta didik, karena itu harus diganti," Supardi, Rabu (24/6/2020).

Supardi menambahkan, ada kemungkinan banyak calon peserta didik yang gagal untuk mendaftar karena kesalahan sistem yang error. Perpanjangan jadwal pendaftaran menjadi salah satu upaya untuk memberikan kesempatan para siswa agar mendaftar kembali.

"Jika jadwal semula pendaftaran hingga 25 Juni, maka harus diperpanjang dua hari menjadi 27 Juni 2020," katanya.

Supardi mengatakan, sistem error itu bisa dihindari jika PPDB daring itu sejak awal dibagi berdasarkan daerah.

“Tetapi karena sudah telanjur terjadi, hal itu harus dijadikan pelajaran untuk pelaksanaan PPDB selanjutnya,” kata dia.

Sementara Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyebut kewenangan PPDB tingkat SMA adalah di provinsi, karena itu perpanjangan jadwal pendaftaran itu sangat dimungkinkan.

"Kami evaluasi dulu. Kalau memang dibutuhkan perpanjangan waktu pendaftaran tentu kami lakukan karena kewenangannya memang di provinsi," kata dia.

Sebelumnya calon peserta didik tingkat SMA sederajat kesulitan mengakses laman pendaftaran daring yang disediakan oleh Dinas Pendidikan Sumbar. Setiap kali dibuka, informasi yang keluar adalah sistem error.

Dinas Pendidikan Sumbar mengakui kerusakan sistem itu dan pihaknya telah berupaya maksimal untuk memperbaiki. Laman pendaftaran mulai bisa diakses pada Selasa (23/6/2020) sekitar pukul 11.00 WIB, namun setelah itu kembali sulit diakses.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto