Longsor di Jorong Sianok, Akses Jalan Mulai Dibuka untuk Pengendara Motor

Wahyu Sikumbang ยท Jumat, 20 Desember 2019 - 13:45 WIB
Longsor di Jorong Sianok, Akses Jalan Mulai Dibuka untuk Pengendara Motor
Pengendara motor melintas di jalur darurat Jorong Sianok yang tertimbun longsor. (Foto: iNews.id/ Wahyu Sikumbang)

AGAM, iNews.id - Setelah peristiwa longsor yang terjadi di sejumlah ruas jalan di Kabupaten Agam, Sumatera Barat pada Kamis malam (19/12/2019), pagi ini, Jumat (20/12/2019) petugas kepolisian setempat mulai membuka akses jalan agar bisa dilalui pengendara.

Akses jalan yang tertimbun longsor itu berada di sepanjang jalur Jorong Sianok, perbatasan Kota Bukittinggi dengan Kabupaten Agam. Ketiadaan alat berat membuat pembukaan akses jalan tersebut dilakukan secara mandiri oleh petugas kepolisian dibantu oleh warga.

Banyaknya titik longsor membuat pengendara sepeda motor terpaksa naik ke atas material longsor untuk bisa melintasi jalan.

Hingga Jumat siang, hanya pengendara motor saja yang sudah bisa melintas di jalur tersebut. Sementara pengendara mobil diminta berbalik arah karena tidak memungkinkan untuk melintas.

“Petugas terpaksa menutup akses jalan untuk kendaraan roda empat hingga alat berat diturunkan ke lokasi,” kata Kapolres Bukittinggi AKBP Iman Pribadi di lokasi.

Sementara itu, untuk memperlancar arus lalu lintas, petugas telah membuat jalur alternatif dari Agam menuju Bukittinggi. Jalur alternatif ini pun hanya bisa dilintasi oleh pengendara motor saja.

“Ini adalah jalan alternatif dari Agam menuju Bukittinggi persis di perbatasan Ngarai Sianok,” ujar Iman.

Menurut Iman, jalur yang tertutup longsor ini bisa segera pulih jika alat berat telah datang untuk membersihkan material longsor.

Longsor tersebut terjadi pada malam tadi sekitar pukul 22.00 WIB setelah hujan deras mengguyur di wilayah itu sepanjang sore hingga malam.

Selain di Kabupaten Agam, tanah longsor dilaporkan juga terjadi di tanjakan tikungan Kelok Cindua di kawasan wisata Ngarai Sianok.


Editor : Reza Yunanto