Longsor Tutup Badan Jalan di Lubuk Paraku, Jalur Padang-Solok Lumpuh Total 

Antara · Senin, 23 Januari 2023 - 20:28:00 WIB
Longsor Tutup Badan Jalan di Lubuk Paraku, Jalur Padang-Solok Lumpuh Total 
Material longsor menutupi badan jalan yang menghubungkan Kota Padang dengan Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat, Senin (23/1/2023) sore. (ANTARA)

PADANG, iNews.id - Longsor terjadi di kawasan Lubuk Paraku yang menghubungkan Kota Padang dengan Kabupaten Solok, Senin (23/1/2023) petang. Material longsoran menutupi badan jalan hingga membuat arus lalu lintas terhenti sementara atau lumpuh total.

Kapolsek Lubuk Kilangan Kompol Lija Nesmon mengatakan, longsor ini terjadi pukul 17.45 WIB. Seluruh badan jalan yang ada di kawasan tersebut tertutup longsor sehingga tak dapat dilewati kendaraan.

"Kondisi saat ini arus lalu lintas terputus dan tidak dapat dilalui kendaraan. Jangankan mobil, motor saja tidak dapat lewat," ujarnya, Senin (23/1/2023) malam.

Menurutnya, kondisi ini terjadi akibat hujan deras yang mengguyur Padang sejak Minggu (22/1/2023). Guyuran hujan ini memicu terjadinya bencana tersebut di kawasan yang memang lokasi rawan longsor.

Dalam penanganan longsor ini, pihaknya telah mengirimkan personel ke lokasi.

"Saat ini anggota masih menunggu bantuan alat berat untuk melakukan evakuasi di kawasan tersebut," katanya.

Sementara Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Padang Basril mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan BPBD Sumbar serta Dinas PUPR Sumbar untuk menurunkan alat berat dalam proses evakuasi material longsor di lokasi tersebut.

“Saat ini banyak terjadi bencana di Kota Padang, mulai dari pohon tumbang, air sungai meluap banjir dan lainnya,” kata Basril.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsSumbar di Google News

Bagikan Artikel: