Mau Masak Kepiting Saus Padang di Rumah? Begini Caranya

Vien Dimyati ยท Senin, 05 Oktober 2020 - 15:17:00 WIB
Mau Masak Kepiting Saus Padang di Rumah? Begini Caranya
Mencicipi Kepiting Saus Padang (Foto: Instagram@vhe.veronicaa)

JAKARTA, iNews.id - Saus padang memang selalu menjadi pilihan untuk mengolah masakan Seafood. Hidangan laut dengan balutan bumbu khas Padang, Sumatera Barat ini digemari banyak orang.

Selain ikan dan udang yang banyak dijadikan masakan lezat. Kepiting juga bisa menjadi hidangan spesial untuk dimasak. Memasak kepiting memang tidak mudah namun tetap bisa dilakukan dengan kesabaran dan ketelatenan. Jika Anda tidak memakai bumbu dan rempah pilihan, kepiting akan masih berbau amis.

Kali ini Anda bisa membuat kepiting saus Padang untuk dikreasikan di rumah. Perpaduan bumbu gurih dan saus Padang yang khas akan membuat siapa saja ketagihan.

"Selamat pagi. Meskipun kepiting memiliki daging yang sedikit, namun jika cara mengolahnya tepat, pasti akan dihasilkan masakan sangat nikmat. Kepiting yang memiliki tekstur daging yang lembut dan manis ini, sangat pas dipadukan dengan bumbu saus pedas dan gurih ala Padang," tulis Instagram @vhe.veronicaa.

Bumbu yang dipakai sederhana, Anda hanya membutuhkan beberapa bahan-bahan, seperti saus sambal, saus tiram, bawang, jahe, kemiri, dan daun-daun rempah.

Ingin tahu resep lengkap dan cara membuat kepiting saus Padang? Berikut ulasannya seperti dikutip melalui Instagram @vhe.veronicaa, Senin (5/10/2020).

Bahan:

1 kg kepiting (9 ekor, ukuran kecil)
2 telur, kocok lepas
1 sachet saus tiram
5 sdm saus sambal
5 sdm saus tomat
1 sdt hula
Secukupnya garam
1 butir bawang bombai, iris
2 sdm meizena

Bumbu Halus:

6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1 cm jahe
2 butir kemiri
5 cabai merah besar

Bahan Cemplung:

1 batang serai
2 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk

Cara Membuat:

1. Cuci bersih kepiting, bisa pakai sikat agar tanah / pasir yang lengket bisa terangkat. Kepiting bisa dimasak utuh atau di belah jadi 2 bagian, sesuai selera.
2. Rebus sebentar kepiting. Kurang lebih 8-10 menit, tiriskan.
3. Tumis bumbu halus sampai harum dan bau langu hilang, tambahkan daun salam, serai, daun jeruk dan bawang bombai.
4. Masukkan 700 ml air masak hingga mendidih, kemudian masukan telur yang sudah dikocok, aduk-aduk hingga tercampur rata, tambahkan garam, saus tiram, saus sambal, saus tomat.
5. Kemudian masukan kepiting, koreksi rasa, kemudian masak hingga meresap dan air sedikit menyusut.
6. Kepiting siap disajikan.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto