Melawan saat Ditangkap, Pencuri Mobil di Limapuluh Kota Ditembak

Agung Sulistyo ยท Jumat, 16 Oktober 2020 - 17:03 WIB
Melawan saat Ditangkap, Pencuri Mobil di Limapuluh Kota Ditembak
Dua pelaku pencurian mobil di Limapuluh Kota, Sumbar (Agung Sulistyo/iNews)

SARILAMAK, iNews.id - Pelaku pencurian mobil pikap L-300 di Limapuluh Kota, Sumatera Barat (Sumbar) ditembak polisi. Pelaku ditembak karena berusaha melawan saat ditangkap.

Kapolres Limapuluh Kota AKBP Trisno Eko Santoso mengatakan, pelaku merupakan sindikat pencurian mobil Mitsubishi L-300 Lintas Provinsi. Mereka biasa beraksi di Sumbar, Riau dan Sumut.

"Keberadaan sindikat pencuri mobil L-300 yang diduga punya jaringan lengkap sampai ke tingkat penadah ini terbongkar setelah dua anggotanya ditangkap," kata Trisno Eko, Jumat (16/10/2020).

Keduanya yakni berinisial IOalias SI IN dan YR alias Larek. Keduanya warga Kabupten Agam, Sumbar. Pelaku SIN ditangkap di Jalan Lintas Sumbar-Riau tepatnya di daerah Sibumbun, Pangkalan Koto Baru.

"Pelaku SIN diberi tindakan tegas karena berupaya kabur. Sementara Larek ditangkap di Nagari Batu Kambiang, Agam," kata dia.

Sementara itu, anggota lain masih ada yang ditahan di Lapas Gobah, Pekanbaru. Tiga orang lainnya jadi buronan polisi atau masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

"Anggota sindikat pencurian mobil L-300 ini punya peran yang berbeda. SI IN bertindak sebagai eksekutor pencurian sedangkan Larek diduga penadah mobil curian," kata dia.

Selain menangkap pelaku, polisi menyita satu mobil L-300 dengan nomor polisi BA 8926 D hasil pencurian di Lubuk Sikaping, Pasaman.

"Kemudian satu mobil Toyota Calya BA 1566 TV yang digunakan untuk beraksi dan uang kontan sebesar Rp3,6 juta," kata dia.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto