Hikmah

Niat Wudhu Tayamum, Arab, Latin dan Artinya Lengkap dengan Tata Cara

Kastolani · Kamis, 22 September 2022 - 06:30:00 WIB
Niat Wudhu Tayamum, Arab, Latin dan Artinya Lengkap dengan Tata Cara
Siswa di Sumsel mempraktikkan cara dan rukun tayamum. (Foto: Kemenag)

JAKARTA, iNews.id - Niat Wudhu Tayamum penting dipahami Muslim karena merupakan salah satu cara bersuci untuk beribadah. Tayamum yakni bersuci menggunakan debu jika tidak mendapati air bersih. 

Dikutip dari buku Fikih MTs Kelas VII KSKK 2020, secara bahasa, tayamum adalah berniat melakukan sesuatu. Sedangkan menurut istilah, tayamum merupakan pelaksanaan mengusap debu ke wajah dan kedua tangan dengan syarat-syarat tertentu sebagai ganti berwudhu dan mandi besar. Jadi tayamum merupakan pengganti wudhu dan mandi besar karena adanya sebab-sebab tertentu.

Dalil dibolehkannya tayamum ini disebutkan dalam Alquran, Surat An Nisa Ayat 43. Allah SWT berfirman:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تَقْرَبُوا الصَّلٰوةَ وَاَنْتُمْ سُكَارٰى حَتّٰى تَعْلَمُوْا مَا تَقُوْلُوْنَ وَلَا جُنُبًا اِلَّا عَابِرِيْ سَبِيْلٍ حَتّٰى تَغْتَسِلُوْاۗ وَاِنْ كُنْتُمْ مَّرْضٰٓى اَوْ عَلٰى سَفَرٍ اَوْ جَاۤءَ اَحَدٌ مِّنْكُمْ مِّنَ الْغَاۤىِٕطِ اَوْ لٰمَسْتُمُ النِّسَاۤءَ فَلَمْ تَجِدُوْا مَاۤءً فَتَيَمَّمُوْا 

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu shalat, sedang kamu dalam keadaan mabuk, sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan, (jangan pula hampiri masjid) sedang kamu dalam keadaan junub, terkecuali sekedar berlalu saja, hingga kamu mandi. Dan jika kamu sakit atau sedang dalam musafir atau kembali dari tempat buang air atau kamu telah menyentuh perempuan, kemudian kamu tidak mendapat air, maka bertayamumlah kamu dengan tanah yang baik (suci) (QS. An nisa: 43)

Dalil tayamum juga disebutkan dalam hadits berikut:

عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ أَبْزَى قَالَ قَالَ عَمَّارٌ لِعُمَرَ تَمَعَّكْتُ فَأَتَيْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ يَكْفِيكَ الْوَجْهَ وَالْكَفَّيْنِ

Dari Abdurrahman bin Abza ia berkata; Ammar berkata kepada Umar, "Aku bergulingan (di atas pasir) lalu menemui Nabi shallallahu alaihi wasallam. Maka beliau pun bersabda: "Cukup bagimu (mengusap debu) pada muka dan kedua telapak tangan." (HR. Bukhari) [ No. 341 Fathul Bari ] shahih.

Niat Wudhu Tayamum

Sebelum melaksanakan tayamum, perlu mengetahui bacaan niat dan artinya. berikut bacaan niat wudhu tayamum, tulisan Arab, Latin dan Artinya:

نَوَيْتُ التَّيَمُّمَ لِاسْتِبَاحَةِ الصَّلَاةِ للهِ تَعَالَى

Latin: Nawaitu tayammuma listibaahatishsholaati lillaahi taala.

Saya berniat Tayamum untuk diperbolehkannya Shalat karena Allah Ta’ala”

Bacaan Niat tayamum lain yang bisa diamalkan yakni:

نَوَيْتُ التَّيَمُّمَ لاِسْتِبَاحَةِ الصَّلاَةِ المَفْرُوضَةِ للهِ تعَاَلَى

Latin: Nawaitu tayammuma lisstibahasholaatil mafrudhoti lillahi ta'ala.

Artinya: “Saya niat tayamum agar dapat diperbolehkan melaksanakan shalat fardhu karena Allah Ta’ala”.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: