Pandemi Covid-19, Angka Ibu Positif Hamil di Padang Tidak Melonjak

hermawan H ยท Rabu, 01 Juli 2020 - 21:15 WIB
Pandemi Covid-19, Angka Ibu Positif Hamil di Padang Tidak Melonjak
Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Feri Mulyani Hamid ( Foto : Diskominfo Padang)

PADANG, iNews.id – Selama pandemi Corona Virus Disease 19 (Covid-19), warga lebih memilih tinggal dan berkegiatan di rumah. Namun begitu, angka ibu positif hamil justru tidak melonjak di Kota Padang.

“Selama pandemi Covid-19 ini tidak terjadi lonjakan ibu hamil di Padang,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang, Feri Mulyani Hamid di Padang, Rabu (1/7/2020).

Feri Mulyani menjelaskan, biasanya sebelum terjadi pandemi Covid-19, angka ibu positif hamil mencapai belasan ribu dalam sebulan. Selama pandemi ini angka ibu hamil justru jauh di bawah itu.

“Biasanya sebelum Covid-19 angkanya (ibu hamil) mencapai 18 ribu dalam sebulan, tapi dalam tiga bulan (semasa pandemi) ini tidak ada lonjakan,” ujarnya.

Tidak terjadinya lonjakan ini menurut Kadinkes karena akseptor KB lebih banyak memilih alat KB jangka panjang. Seperti implan dan IUD. Sedangkan akspetor KB melalui suntikan justru tidak banyak digunakan dan biasanya akan terpengaruh karena masa atau jangka waktu penggunaannya yang singkat.

“Kalau akseptor KB suntik tentu akan berpengaruh,” katanya.

Sementara itu, Kadinkes menyebut bahwa jumlah positif Covid-19 sempat mengalami penurunan dan bahkan nihil selama lima hari belakangan. Jumlah pasien positif Covid-19 baru melonjak, Rabu (1/7/2020) ini dengan penambahan kasus 14 orang.


Editor : Tomi Wahyudi