KPU Sumbar Mulai Verifikasi Faktual untuk Pastikan Dukungan Calon Perseorangan

hermawan H ยท Senin, 29 Juni 2020 - 15:26 WIB
KPU Sumbar Mulai Verifikasi Faktual untuk Pastikan Dukungan Calon Perseorangan
Kantor Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumbar ( Foto: iNews/Hermawan H)

PADANG, iNews.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), mulai melakukan tahapan Verifikasi Faktual, untuk bisa memastikan dukungan terhadap calon perseorangan atau independen. KPU melakukan verifikasi dalam tiga tahap.

Tahap awal Jumat (26/6/2020), KPU melakukan verifikasi untuk sebagian desa di Kabupaten Kepulauan Mentawai dan Kabupaten Sijunjung. Dokumen dukungan calon perseorangan sudah diserahkan ke PPS, selanjutnya dilakukan pendataan sesuai dengan KTP dukungan langsung ke rumah-rumah yang bersangkutan.

Tahap kedua Sabtu (27/6/2020) untuk 9 kabupaten/kota. Mulai dari, Kota Solok, Kota Padang Panjang, Kota Payakumbuh, Kota Sawahlunto, Kota Pariaman, Kota Bukittinggi, Kabupaten Pasaman, Kabupaten Dharmasraya dan Kabupaten Padang Pariaman.

"Sementara untuk beberapa daerah lainnya di mulai pada Minggu (28/6/2020) dan Senin (29/6/2020). Ini karena masih melakukan rapid test sesuai dengan protokol kesehatan,"  kata Koordinator Divisi Teknis KPU Sumbar Izwaryani di Kantor KPU Sumbar, Senin (29/6/2020).

Daerah yang diverifikasi pada Minggu (28/6/2020), Kota Padang, Kabupaten Agam, Kabupaten Pasaman Barat, Kabupaten 50 Kota dan Kabupaten Tanah Datar. Daerah itu diverifikasi karena sudah siap melakukan tes kesehatan, sesuai standarisasi yang dikenakan pada penyelenggara.

"Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Solok dan Kabupaten Solok Selatan menyusul Senin (29/6/2020) ini," katanya.

Sesuai jadwal dan batasan yang diberikan, maka KPU Sumbar segera melakukan gerak cepat untuk verifikasi dengan menyesuaikan aturan protokoler Covid-19, sehingga tidak ada satu ketentuan pun yang dilanggar.


Editor : Tomi Wahyudi