Panen Melimpah, Harga Durian di Merangin Hanya Rp3.000

Nanang Fahrurozi · Kamis, 22 September 2022 - 20:45:00 WIB
Panen Melimpah, Harga Durian di Merangin Hanya Rp3.000
Harga durian di Kabupaten Merangin anjlok drastis hingga Rp3.000 per buah akibat panen melimpah. (Foto: Antara)

MERANGIN, iNews.id – Harga buah durian di Kabupaten Merangin, Jambi anjlok akibat panen melimpah. Di tingkat petani, harga durian hanya Rp3.000 untuk ukuran kecil dan ukuran besar dipatok Rp10.000. 

Anjloknya harga durian tersebut karena saat ini hampir di seluruh wilayah Merangin mengalami panen durian. Salah satunya di Kecamatan Muara Siau. 

Petani durian asal Muara Siau, Junet mengatakan, buah durian pada tahun ini sangat melimpah hingga harganya pun jatuh.

"Kalau tahun lalu kurang buahnya, yang sekarang ini kami jual Rp3.000, padahal sebelumnya sampai Rp15.000. Durian disini memang asli durian hutan namun soal rasanya tidak kalah dengan durian yang dijual di kota-kota," kata Junet, Kamis (22/9/2022).

Hal senada diungkapkan petani lainnya, Hamzah. Dia menuturkan, anjloknya harga durian karena pasokan sangat melimpah.

"Kami menjual hingga ke kabupaten tetangga atau bahkan hingga ke Sumatera Barat, Sebab kalau dijual di kabupaten Merangin tidak dapat hasil,” katanya. 

Melimpahnya pasokan durian tersebut membuat banyak petani yang terpaksa mengolah durian menjadi penganan. “Banyak durian kami ini busuk tidak termakan hingga kami jadikan tempoyak yang nantinya untuk bahan campuran sayur. Hal ini kami lakukan untuk mengurangi kerugian,” ucap Hamzah.

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel: