Pantau Perayaan Idul Adha, Wali Kota Padang Sembelih Hewan Kurban di Musala Al Ikhlas

hermawan H ยท Sabtu, 01 Agustus 2020 - 20:30 WIB
Pantau Perayaan Idul Adha, Wali Kota Padang Sembelih Hewan Kurban di Musala Al Ikhlas
Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah saat menyembelih sapi di Musala Al Ikhlas (Foto : Humas Padang)

PADANG, iNews.id - Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah memantau pelaksanaan ibadah kurban Hari Raya Idul Adha 1441H. Setelah melihat situasi pelaksanaan pemotongan hewan kurban di Masjid Agung Nurul Iman, wali kota menuju Kecamatan Kuranji, Kelurahan Korong Gadang, Sabtu (1/8/2020).

Saat tiba di Musala Al Ikhlas, Palo Pasa, Korong Gadang, Kecamatan Kuranji, wali kota kemudian didaulat untuk menyembelih hewan kurban. Setelah itu, Mahyeldi ikut berbaur bersama panitia untuk memotong daging sapi kurban.

Mahyeldi Ansharullah mengatakan, meski dalam masa pandemi Covid-19 tidak menurunkan semangat warga Kota Padang untuk menjadi peserta kurban. Buktinya, di Musala Al Ikhlas ini, yang tahun lalu hewan kurbannya 6 ekor sapi, sekarang menjadi 8 ekor sapi, dan hewan-hewannya pun cukup besar. Kemudian ditambah dua ekor kambing.

"Ini membuktikan kepada kita semua bahwa pandemi Covid-19 yang tengah mewabah saat ini tidak mengurangi semangat dari pada warga Kota Padang untuk berkurban. Bukan berarti mereka tidak terdampak pandemi. Namun, semangat mereka luar biasa untuk menjadi peserta kurban," katanya.

Mahyeldi menambahkan, semangat berkurban di masa pandemi Covid-19 memang perlu didorong. Bahkan tahun ini, seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemkot Padang didorong untuk menjadi peserta kurban di tempat tinggal masing-masing.

“Alhamdulillah, itu juga terbukti di Musala Al Ikhlas ini, peserta kurbannya juga ada dari ASN Pemkot Padang,” katanya.

Sementara itu, Ketua Musala Al Ikhlas Palo Pasa Korong Gadang Amrizal Rengganis mengatakan, hewan kurban selain dari jemaah setempat, juga dari Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah, PDAM Kota Padang dan dari pejabat SKPD di lingkungan Pemkot Padang serta dari donatur lainnya.

"Total hewan kurban yang disembelih berjumlah 10 ekor terdiri atas sapi 8 ekor dan dua 2 ekor kambing," katanya.

Dia menambahkan, untuk pembagian daging kurban telah disebar kupon sebanyak 288 kupon. Kupon ini disebar kepada anak yatim dan masyarakat yang tinggal di lingkungan musala ini.

"Masing-masing warga nantinya akan mendapat daging seberat 2 kg. Sudah kita pesankan kepada panitia untuk memberikan daging murni jangan ada yang bercampur dengan tulang. Jika ingin memberi tulang akan dipisahkan dengan daging murni," katanya.

Amrizal berharap jumlah hewan kurban di Musala Al Ikhlas di tahun depan dapat bertambah dari sekarang ini. "Kalau sekarang jumlahnya 10 ekor, besok bisa 12 bahkan lebih," katanya.


Editor : Tomi Wahyudi