Pemkot Padang Serahkan Sertifikat Tanah Program PTSL Kepada Warga Koto Lalang

hermawan H ยท Jumat, 10 Juli 2020 - 21:22 WIB
Pemkot Padang Serahkan Sertifikat Tanah Program PTSL Kepada Warga Koto Lalang
Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa serahkan sertifikat tanah kepada warga (Foto : Humas Padang).

PADANG, iNews.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Padang menyerahkan sertifikat hak atas tanah melalui Program PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) tahun 2020 kepada 500 warga Kota Padang khususnya yang berada di Kelurahan Koto Lalang, Kecamatan Lubuk Kilangan. Sertifikat itu diserahkan secara simbolis oleh Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa di Balaikota Air Pacah.

Penyerahan juga disaksikan langsung secara virtual oleh Menteri ATR/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dan pimpinan Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Sumatra Barat Syaiful. Selain Kota Padang, penyerahan sertifikat secara virtual ini juga diikuti oleh Kabupaten Sijunjung dan Kabupaten Solok Selatan.

Wakil Wali Kota Hendri Septa mengucapkan terima kasih kepada Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Padang yang telah menghadirkan kebahagiaan bagi masyarakat Kota Padang khususnya yang berada di Kelurahan Koto Lalang, Kecamatan Lubuk Kilangan.

"BPN Kota Padang telah menerbitkan 500 sertifikat hak atas tanah melalui Program PTSL tahun 2020. Kita sangat berterima kasih dan menyambut baik hal ini," ujar Hendri Septa di Balaikota Air Pacah, Jumat (10/7/2020).

Hendri menjelaskan, dari 500 sertifikat hak atas tanah yang akan dibagikan, sebanyak 5 sertifikat dibagikan secara simbolis langsung saat ini. Sementara sisanya sebanyak 450 sertifikat akan segera dibagikan langsung kepada masyarakat di Koto Lalang.

Pemkot Padang sangat mendukung program PTSL ini, dengan komitmen sampai ke tingkat kelurahan, RW dan RT untuk senantiasa terus secara bersama-sama mensosialisasikan program ini kepada masyarakat.

"Program ini juga merupakan program strategis nasional yang berfungsi mengurangi sengketa tanah yang terjadi. Sebab, sertifikat menjadi dasar bukti kepemilikan tanah yang berkekuatan hukum dan kuat," katanya.

Terkait program PTSL di tahun 2020 yang saat ini tengah berlangsung Hendri pun mengimbau seluruh jajaran Pemkot Padang yang terkait agar berperan aktif dalam mensukseskan program tersebut.

"Terutama kepada para camat dan lurah saya minta dapat melaksanakan tugas dan fungsinya secara maksimal mengawal penyelenggaraan program ini," katanya.

Hendri berharap kepada seluruh masyarakat penerima sertifikat hak atas tanah tersebut agar mempergunakannya dengan baik dan benar sebagaimana mestinya.

"Mari kita jadikan momentum penyerahan sertifikat ini sebagai tonggak untuk menyatukan gerak langkah kita untuk sama-sama mendukung pembangunan Kota Padang di segala bidang, sehingga Padang semakin maju dan sejahtera," katanya.

Kepala BPN Kota Padang Elfidian Iskariza mengatakan, seluruh jajarannya di Kantor Pertanahan Kota Padang, berharap melalui kegiatan ini bisa memberikan manfaat yang besar dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat Kota Padang.

“Sebagai informasi, pada tahun 2019 ada sejumlah 4.331 buah Sertifikat yang telah dijadikan agunan dengan total nilai Hak tanggungan sebesar Rp. 2,12 triliun,” katanya.


Editor : Tomi Wahyudi