Pemkot Padang Susun Aturan Belajar Mengajar di Sekolah saat New Normal

Antara ยท Rabu, 03 Juni 2020 - 18:35 WIB
Pemkot Padang Susun Aturan Belajar Mengajar di Sekolah saat New Normal
Ilustrasi siswa masuk sekolah (Antara)

PADANG, iNews.id - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat sedang merancang aturan atau ketentuan tentang proses belajar mengajar (PBM) bagi siswa. PBM itu dirancang sesuai dengan protokol Covid-19 sekaligus menyambut New Normal.

"Kami sedang merumuskan kebijakan seperti apa proses pembelajaran di sekolah pada era kenormalan baru. Kami menghimpun masukan dan saran dari berbagai pihak yang intinya adalah mengedepankan keselamatan siswa," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang Habibul Fuadi, Rabu (3/6/2020).

Habibul menambahkan, pihaknya masih menunggu informasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terkait masuk sekolah untuk pelajar. Nantinya disesuaikan dengan kondisi wilayah yang ada.

Saat ini, lanjut dia, tengah mengerucut rekomendasi yaitu jika sekolah dibuka kembali akan diterapkan sistem dua sesi yaitu pagi dan siang.

“Karena jumlah siswa yang ada dalam kelas dibatasi hanya 16 orang dalam rangka pembatasan fisik,” katanya.

Kemudian kata Habibukl, jam belajarnya juga dikurangi 50 persen dari kondisi normal dan sisanya di rumah melalui pembelajaran jarak jauh.

"Untuk pembelajaran dari rumah dalam bentuk tugas mandiri yang dikerjakan di rumah sebagaimana sudah dilaksanakan saat ini," kata dia..

Dia memastikan protokol Covid-19 akan diterapkan jika sekolah sudah dimulai. Jangan sampai sekolah menjadi salah satu sumber penularan baru.

“Nanti, kebijakan ini akan ditetapkan melalui peraturan wali kota,” katanya.

Lebih lanjut Habibul mengatakan, untuk penerimaan siswa baru juga dilakukan secara daring dalam mencegah pengumpulan massa terutama untuk tingkat SMP dengan penerapan sistem daring.

"Jadi untuk mendaftar calon siswa tidak perlu datang ke sekolah cukup mendaftar secara online," kata Habibul.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto