Pemprov Sumbar Akan Gelar Salat Idul Adha di Halaman Kantor Gubernur

Antara ยท Kamis, 09 Juli 2020 - 11:29:00 WIB
Pemprov Sumbar Akan Gelar Salat Idul Adha di Halaman Kantor Gubernur
Ilustrasi salat id saat Pandemi Covid-19 (Antara)

PADANG, iNews.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) akan menggelar salat Idul Adha 1441 Hijriah di halaman Kantor Gubernur Sumbar. Nantinya, salat yang akan digelar pada 31 Juli 2020 akan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Panitia akan mempersiapkan segala kebutuhan di lapangan. Mulai dari menyediakan thermo gun atau alat ukur suhu tubuh, memasang sejumlah alat cuci tangan serta memastikan jarak antar jemaah," kata Kepala Biro Bina Mental dan Kesra Sumbar, Syaifullah, Kamis (9/7/2020).

Selain itu, kata dia, setiap jemaah diwajibkan untuk menggunakan masker dan membawa alas salat sendiri agar lebih aman. Penerapan protokol kesehatan dilakukan untuk mengantisipasi adanya penyebaran Covid-19 dalam pelaksanaan ibadah secara berjemaah.

Ketua Dewan Masjid Indonesia Sumbar Duski Samad yang juga Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Padang akan bertindak sebagai Khatib. Sementara, Ustaz Syaihul Basir akan menjadi imam.

Jika cuaca kurang bersahabat dan hari hujan maka penyelenggaraan salat Idul Adha akan digelar di Masjid Raya Sumbar.

“Kita sudah siapkan semua," katanya.

Setelah menggelar salat Idul Adha, pejabat Pemprov Sumbar direncanakan melaksanakan ibadah Kurban.

Menurut dia, saat ini ada enam sapi yang terdaftar untuk Kurban di Sumbar. Sebagian mungkin akan disembelih di Masjid Raya Sumbar sebagai pendamping sapi dari Presiden Joko Widodo.

"Tahun ini Presiden Joko Widodo juga mengirimkan sapi seberat 1.060 ton untuk kurban di Sumbar," katanya.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto