RPA Segera Beroperasi, Wali Kota Padang: Ini Berkontribusi Pulihkan Ekonomi Pasca-PSBB

hermawan H ยท Kamis, 11 Juni 2020 - 00:30:00 WIB
RPA Segera Beroperasi, Wali Kota Padang: Ini Berkontribusi Pulihkan Ekonomi Pasca-PSBB
Wali Kota Padang melihat kesiapan RPA di aia pacah sebelum beroperasi

PADANG, iNews.id - Rumah Potong Ayam (RPA) yang dibangun Koperasi Konsumen Saudagar Minang Raya di kompleks Rumah Potong Hewan (RPH) Air Pacah dalam waktu dekat akan segera beroperasi. RPA dengan sistem railing tersebut memiliki kapasitas pemotongan ayam sebanyak 1.000 ekor per jam.

Wali Kota Padang Mahyeldi saat mengunjungi RPA, Selasa (9/6/2020), mengatakan, dengan beroperasinya RPA Aie Pacah nantinya bisa memenuhi kebutuhan ayam potong di Kota Padang secara cepat. RPA ini juga akan berkontribusi dalam pemulihan ekonomi Kota Padang pasca-Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Covid-19.

“RPH ini akan membantu memulihkan ekonomi Kota Padang pasca-PSBB. Kemampuan pemotongan RPH ini 8.000 ekor per hari atau sekitar 10 sampai 12 ton per hari," kata Mahyeldi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Syahrial Kamat mengatakan, bangunan RPA dilengkapi antara lain, cold storage, chiller dan marinasi (pembumbuan). Kemudian, fasilitas penggantung ayam, pencabutan bulu ayam, pencucian, penanganan dan pengemasan karkas ayam.

“Rencana awal, RPA ini akan beroperasi pada awal bulan Ramadan. Namun, karena wabah Covid-19 jadi tertunda. Insyaa allah, dalam waktu dekat ini akan segera operasi," ujar Syahrial usai mendampingi Wali Kota Mahyeldi.

Dia menambahkan, RPA yang dibangun Koperasi Konsumen Saudagar Minang Raya di kompleks RPH Aie Pacah menyewa lahan Pemko Padang seluas 5.000 meter persegi.

Editor : Eldiki Nanda

Bagikan Artikel: