Sempat Buka, Sekolah di Sawahlunto Kembali Tutup karena Warga Positif Covid-19

Antara ยท Selasa, 28 Juli 2020 - 11:42:00 WIB
Sempat Buka, Sekolah di Sawahlunto Kembali Tutup karena Warga Positif Covid-19
Proses belajar mengajar di sekolah saat pandemi Covid-19 di Pariaman, Sumatera Barat (Antara)

SAWAHLUNTO, iNews.id - Sekolahan di Kota Sawahlunto, Sumatera Barat (Sumbar) kembali ditutup. Padahal, sekolah SMA dan SMP di daerah itu sebelumnya sudah melaksanakan proses belajar mengajar dengan tatap muka.

"Kemarin seorang warga inisial S yang telah sepekan pulang dari Samarinda terkonfirmasi positif Covid-19. Yang bersangkutan punya anak sekolah di SMP dan SMA karena itu, sekolah kita liburkan kembali," kata Wali Kota Sawahlunto Deri Asta, Selasa (28/7/2020)

Deri menambahkan, sesuai aturan, daerah zona kuning atau ada warga yang positif Covid-19 memang tidak diizinkan untuk melaksanakan sekolah tatap muka.

"Kita pindah ke sistem sekolah jarak jauh baik daring maupun luring," kata dia.

Menurut Deri, saat ini petugas kesehatan langsung turun untuk melakukan penelusuran (tracing) dan pelacakan (tracking) warga yang pernah kontak dengan yang bersangkutan atau keluarga.

"Sementara keluarga S sudah diisolasi dan mengikuti tes swab PCR untuk memastikan kondisi kesehatan dan penanganan lebih lanjut," katanya.

Sementara itu Juru Bicara Covid-19 Sumbar Jasman mengatakan, dengan terkonfirmasinya satu warga Sawahlunto positif Covid-19 maka daerah zona hijau di Sumbar berkurang menjadi lima daerah.

"Sebelumnya ada enam daerah zona hijau yaitu Kabupaten Pasaman, Pasaman Barat, Pesisir Selatan, Mentawai, Solok Selatan dan Sawahlunto. Sekarang minus Sawahlunto, tinggal lima daerah," katanya.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto