Tak Perpanjang PSBB Pemkot Bukittinggi Akan Buka Kembali Lokasi Wisata

Antara ยท Kamis, 28 Mei 2020 - 09:05 WIB
Tak Perpanjang PSBB Pemkot Bukittinggi Akan Buka Kembali Lokasi Wisata
Bukittinggi akan kembali buka lokasi wisata pada bulan Juni 2020 (Antara)

BUKITTINGGI, iNews.id - Pemerintah Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar) akan membuka kembali objek wisatanya. Tak hanya itu, Bukittinggi juga tidak akan memperpanjang penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang berakhir pada 29 Mei 2020.

"Secara bertahap usai PSBB, objek wisata dibenahi dulu lalu dibuka lagi pada bulan Juni 2020. Perlahan kita berupaya agar ekonomi masyarakat kembali bergerak," kata Wali Kota Bukittinggi M Ramlan Nurmatias di Bukittinggi, Kamis, (28/5/2020).

Dengan dibukanya objek wisata, kata Ramlan, diharapkan aktivitas yang berkaitan dengan pariwisata dapat bergerak kembali seperti perhotelan, restoran, usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Meski begtitu, kata dia, protokol kesehatan Covid-19 tetap akan dijalankan dan wajib dipatuhi oleh masyarakat, di antaranya dengan memakai masker, mencuci tangan, pengecekan suhu tubuh.

“Di objek wisata akan disiapkan sarana untuk mencuci tangan, dilengkapi dengan alat pengecekan suhu tubuh dan wajib mengenakan masker bagi petugas objek wisata dan pengunjung,” kata dia.

Bagi perhotelan, lanjut Ramlan, tamu yang akan menginap diwajibkan memiliki surat keterangan sehat. Pemilik hotel diminta agar para karyawannya terlebih dahulu mengikuti uji cepat (rapid test) sebelum kembali bertugas

"Bagi pelaku usaha kuliner atau rumah makan juga wajib memperhatikan kebersihan hidangan, peralatan dan lainnya dan selalu memakai masker," kata dia.

Saat disinggung terkait tidak akan memperpanjang PSBB, Ramlan mengatakan, langkah itu diambil atas dasar kasus Covid-19 di Bukittinggi sudah melandai.

“Tidak ada klaster khusus atau tidak terjadi penularan virus dalam jumlah besar di Bukittinggi serta pertimbangan untuk menyelamatkan ekonomi masyarakat karena tidak mungkin terus dibatasi akibat wabah,” kata dia.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto