Ternyata Sumbar Diguncang 10 Kali Gempa Selama Sepekan Ini

Antara ยท Sabtu, 11 Juli 2020 - 09:15 WIB
Ternyata Sumbar Diguncang 10 Kali Gempa Selama Sepekan Ini
Gempa bumi magnitudo 4,5 mengguncang Padang Panjang, Sumatera Barat, Selasa (30/6) (foto: ilustrasi)

PADANG, iNews.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Padang Panjang mencatat ada 10 kali gempa bumi mengguncang Sumatera Barat (Sumbar) selama sepekan terakhir. Namun gempa bumi tersebut tidak sampai dirasakan masyarakat.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Padang Panjang, Mamuri mengatakan, berdasarkan pantauan BMKG terdapat sepuluh kali kejadian gempa bumi sejak 3 - 9 Juli 2020. Ada empat gempa berpusat di darat, dan enam di laut.

"Gempa bumi yang terjadi pada sepekan terakhir itu merupakan gempa dengan magnitudo 3-5," kata Mamuri saat dikonfirmasi di Kota Padang, Sumbar, Jumat (10/7/2020).

Gempa tertinggi bermagnitudo 4,6. Guncangan berpusat di wilayah Pulau Siberut, Kepulauan Mentawai pada 5 Juli lalu. Dari 10 kejadian gempa bumi tersebut, terdapat delapan kali gempa bumi dangkal dan dua gempa lainnya merupakan gempa bumi menengah.

Namun guncangan akibat gempa ini tidak dirasakan oleh masyarakat, sehingga tidak menimbulkan kepanikan. BMKG meminta warga tidak mudah terpancing isu atau kabar hoaks yang beredar terkait gempa bumi di Sumbar.

"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG," ujar dia.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal