Pemkot Padang Panggil Gojek, Ini Hasil Pertemuannya

hermawan H ยท Rabu, 08 Juli 2020 - 09:59 WIB
Pemkot Padang Panggil Gojek, Ini Hasil Pertemuannya
Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa bertemu perwakilan Gojek Padang (Foto: Humas Padang).

PADANG, iNews.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Padang menindaklanjuti aspirasi pengemudi ojek online (ojol) yang menggelar aksi di Balaikota Air Pacah (6/7/2020). Pemkot memanggil perwakilan Gojek Padang dan langsung dihadiri langsung Branch Manager Gojek Padang Septian Dwijayanto bersama Operations Supervisor Ganang Wicaksono.

Branch Manager Gojek Padang Septian Dwijayanto mengatakan, permintaan dari sebagian mitra Gojek agar dihapuskannya program berkat, program verifikasi pengemudi, serta penyesuaian tarif telah dibahas sebelumnya melalui pertemuan dengan perwakilan mitra Gojek pekan lalu. Masalah itu juga sudah dibahas di forum diskusi bagi mitra driver melalui program kopdar yang rutin dilaksanakan.

“Di masa pandemi ini, kopdar tetap dilaksanakan secara berkala dengan virtual, sehingga sebenarnya penyampaian aspirasi tidak perlu dilakukan melalui demo, karena melalui Kopdar, mitra dapat langsung berdiskusi dua arah bersama manajemen," kata Septian di Balai Kota Air Pacah, Selasa (7/7/2020).

Lebih lanjut dijelaskan, program berkat diterapkan mengingat pandemi Covid-19 telah berdampak pada semua lini kehidupan. Bagi Gojek, mobilitas masyarakat yang menurun drastis berdampak pada sepinya order yang dijalankan oleh jutaan mitra driver di seluruh Indonesia. Hal ini secara otomatis membuat mitra driver kesulitan mengumpulkan pendapatan harian.

“Namun, kami tetap berusaha untuk membantu meringankan kesulitan yang dihadapi dan ekosistem Gojek secara keseluruhan. Program ini merupakan salah satu program kesejahteraan Gojek selama pandemi Covid-19 yang merupakan alternatif terbaik dalam menjaga pendapatan harian mitra," katanya.

Adapun insentif, bersifat apresiasi dari Gojek kepada mitra atas kinerja mereka. Adanya insentif adalah bonus tambahan yang diberikan Gojek demi menjaga kualitas layanan. Skema insentif akan selalu menyesuaikan dengan kondisi pasar karena tujuan utama skema insentif adalah untuk mengupayakan titik temu terbaik antara permintaan pelanggan dan ketersediaan mitra Gojek.

Kemudian, kata dia,terkait program verifikasi muka pengemudi, fitur ini berfungsi untuk memastikan kesesuaian data dan informasi mengenai mitra driver. Gojek dapat lebih meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap mitra serta layanan yang diberikannya.

Penerapan fitur verifikasi muka merupakan satu langkah yang lebih maju dari Gojek untuk menjaga keamanan mitra driver dan pelanggan dalam menggunakan aplikasi Gojek.

"Verifikasi muka merupakan bentuk komitmen Gojek dalam menjaga keselamatan dan keamanan baik pengguna maupun mitra driver," katanya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa meminta agar persoalan ini diselesaikan sebaik mungkin secara internal. Serta berharap pihak manajemen Gojek menjelaskan lagi ke mitranya terkait program-program yang diluncurkan.

“Semoga progam-program Gojek ini bisa meningkatkan kesejahteran dan penghasilan mitra Gojek, dan terpenting lagi, Gojek bisa meningkatkan pelayanan serta keamanan mitra Gojek dan para pelanggannya," kata Hendri.

Hendri berharap pihak Gojek dapat memberikan bantuan lainnya kepada mitra Gojek di masa pandemi ini, termasuk bantuan masker dan hand sanitizer dan lainnya. Dalam pertemuan tersebut diikuti Kepala Dinas Perhubungan Kota Padang Dian Fakri, perwakilan Polresta Padang dan Kesbangpol Kota Padang


Editor : Tomi Wahyudi