Todongkan Pistol, Maling Kotak Amal Masjid Kabur saat Akan Diamuk Massa

Budi Sunandar ยท Sabtu, 16 Mei 2020 - 11:30 WIB
Todongkan Pistol, Maling Kotak Amal Masjid Kabur saat Akan Diamuk Massa
Aksi maling kotak amal terekam CCTV. (Foto: iNews/Budi Sunandar).

PADANG, iNews.id - Seorang maling kotak amal masjid di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), nyaris menjadi amukan massa. Dia berhasil kabur dari kepungan warga karena menodongkan pistol kepada warga sekitar.

Dari rekaman CCTV Masjid Dakwatil Muslimin di Desa Ujung Tanah, Kecamatan Lubeg ini, tampak seorang pemuda masuk masjid dengan membawa tas dan meletakannya di area mimbar. Tak lama, dia mengambil kotak amal dan berusaha membongkarnya.

Namun warga yang mendapati aksinya terekam CCTV langsung mendatangi TKP masjid dan memergoki pelaku. Namun saat akan diamankan masyarakat, pelaku berusaha membela diri dengan mengeluarkan pistol dari tasnya dan menodongkan senjata ke warga.

Masyarakat sektar masjid mendadak mundur saat tahu pelaku membawa senjata api. Namun dia tidak melepaskan tembakan, hanya menodongkan ke warga untuk membuat warga takut.

Meski pelaku berhasil kabur, namun warga dapat mengamankan kotak amal masjid yang nyaris dibongkar oleh maling bersenjata api tersebut. Barang bukti diamankan di antaranya, tang, palu dan gunting diduga untuk membongkar kotak amal.

"Saat kami mau tangkap, dia bawa senjata pistol kayaknya," kata Ketua RW 06 Ujung Tanah, Dedi, kepada iNews di Kota Padang, Sumbar, Jumat (15/5/2020) malam.

Dari hasil rekaman CCTV, insiden pencurian ini terjadi pada Kamis (14/5/2020) siang. Warga mulai khawatir karena aksi maling kotak amal seperti ini sudah terjadi empat kali di masjid tersebut.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal