Warga Sumbar Diprediksi Rayakan Idul Fitri di Tengah PSBB Corona

Antara ยท Rabu, 06 Mei 2020 - 15:25 WIB
Warga Sumbar Diprediksi Rayakan Idul Fitri di Tengah PSBB Corona
Ilustrasi PSBB. (Foto: Istimewa)

PADANG, iNews.id - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) resmi perpanjang pembatasan sosial berskala besar (PSBB) hingga 29 Mei 2020. Artinya, masyarakat di Sumbar akan merayakan Idul Fitri 1441 Hijriah ketika PSBB berlangsung.

"Kita sudah rapat dengan bupati dan wali kota. Semua sepakat PSBB diperpanjang hingga 19 Mei dan bisa diperpanjang lagi hingga 29 Mei 2020 jika kondisi belum pulih," kata Gubernur Sumbar Irwan, Rabu (6/5/2020).

Perpanjangan PSBB itu, kata Irwan, akan tetap menjalankan dan mempertegas aturan sesuai Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 25 Tahun 2020 dan Permenkes 9 tahun 2020.

“Salah satu konsekuensinya, tidak ada satupun kendaraan yang bisa masuk atau keluar Sumbar hingga penerapan PSBB selesai,” kata dia.

Dengan demikian, lanjut Irwan, masyarakat yang berada di rantau, atau masyarakat luar provinsi yang berdomisili di Sumbar, kecil kemungkinan untuk bisa lebaran di kampung halaman pada Idul Fitri pada 24-25 Mei 2020.

"Untuk itu perlu ketegasan petugas diperbatasan dalam melarang semua kendaraan penumpang yang masuk ke Sumbar dan kendaraan antarkota kabupaten," katanya.

Irwan mengatakan, pihaknya akan ada memberi kelonggaran bagi daerah-daerah yang berada dalam zona hijau kasus corona atau Covid-19.

“Kabupaten/kota boleh mengambil kebijakan sesuai kearifan lokal masing-masing daerah namun tetap mengacu pada maklumat dan pedoman yang telah dikeluarkan oleh MUI Sumbar nomor 007/MUI-SB/V/2020,” kata dia.

Untuk diketahui, saat ini ada lima daerah di Sumbar yang dianggap belum terpapar Covid-19, yaitu Kabupaten Solok Selatan, Limapuluh Kota, Sijunjung, Kota Solok dan Sawahlunto.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto