Ilustrasi pengaspalan jalan (Antara)
Antara

PESISIR SELATAN, iNews.id - Warga Sikabu Munto-Koto Berapak di Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), bersyukur dengan diaspalnya jalanan. Pasalnya, mereka tak takut lagi ban sepeda motornya bocor.

"Kami bersyukur dengan adanya kegiatan pengaspalan ini karena sebelumnya kondisi badan jalan berlubang, tidak rata, dan berlumpur," kata Agus (47) warga yang sehari-harinya melintasi jalan, Kamis (15/9/2022).

Agus menambahkan, pengaspalan menjadikan waktu tempuh lebih pendek, dan pengendara juga tidak perlu lagi was-was karena adanya potensi kendaraan mengalami ban bocor.

"Biasanya khawatir ketika melewati badan jalan, karena jika kendaraan mengalami ban bocor terpaksa mendorongnya ke bengkel tambal ban yang berjarak lebih dari satu kilometer dari lokasi," katanya.

Sementara itu, PPK kegiatan di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Pesisir Selatan, Fahrezi Eka Siska, mengatakan, pengaspalan jalan ruas Sikabu Munto - Koto Berapak merupakan upaya agar kondisi jalan di daerah setempat prima.

"Dengan kondisi jalan yang prima kami yakin akan berdampak terhadap produktivitas warga," kata dia.

Menurutnya, selain jalan ruas Sikabu Munto - Koto Berapak, pada tahun di kabupaten setempat juga dilaksanakan pengaspalan terhadap sejumlah ruas lainnya.

Sebelumnya, Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar, mengatakan, bahwa pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026 pemerintah kabupaten setempat menargetkan jalan berkondisi baik sebesar 35,90 persen atau satu persen per tahun.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto

BERITA TERKAIT