Longsor di Rimbo Kejahatan Kajai, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat, Sumbar kembali terjadi mengakibatkan jalur lalu lintas putus (ANTARA) 
Antara

PASAMAN BARAT, iNews.id - Bencana longsor kembali terjadi di  daerah Polongan Anam Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar). Akibatnya, transportasi Simpang Empat-Talu terputus dan tidak bisa dilewati.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Pasaman Barat Jhon Edwar mengatakan, longsor terjadi sejak Kamis (10/3/2022) pada Kamis (11/3/2022) pukul 19.30 WIB.

"Longsor kembali terjadi, dipicu hujan lebat sejak Kamis sore," kata Jhon, Jumat (11/3/2022).

Dia menambahkan, material longsor menutupi badan jalan yang ada di Polongan Anam itu. Hal itu menyebabkan kendaraan roda empat maupun roda dua tidak bisa melewati jalan itu.

"Hingga Jumat pagi ini hujan masih terjadi sehingga menyulitkan penanganan. Selain itu juga daerah itu sangat rawan longsor karena tanah di lokasi itu masih labil pascagempa," kata dia.

Menurutnya titik longsor yang terjadi di lokasi yang longsor sebelumnya menyebabkan badan jalan tertutup dan tidak bisa dilalui kendaraan.

Di titik longsor itu, katanya tanahnya masih labil karena gempa beberapa waktu lalu. Banyak material batu dan kayu yang turun menutupi badan jalan.

"Kita masih melihat kondisi longsor itu malam tadi. Pembersihan akan kita lakukan pada Jumat pagi ini. Sebab di lokasi longsor malam tadi penerangan tidak ada dan rawan longsor susulan," katanya.

Sebelumnya, pascagempa melanda Pasaman Barat, terjadi longsor. Longsor terjadi di tempat yang pada Selasa (1/3/2022) membuat arus lalu lintas di jalan aspal itu putus total. Kemudian pada Senin (7/3/2022) malam longsor kembali terjadi dan membuat arus lalu-lintas kembali terganggu.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto

BERITA TERKAIT