Ada Aliran Sesat di Solok, Bakorpakem: MUI Akan Beradu Dalil

Budi Sunandar ยท Senin, 27 Juli 2020 - 12:19 WIB
Ada Aliran Sesat di Solok, Bakorpakem: MUI Akan Beradu Dalil
Ketua Kepala Kejaksaan Negeri Solok sekaligu Ketua Bakorpekam Donny Haryono Setiawan (Bambang Irawan/iNews)

SOLOK, iNews.id - Aliran sesat Tauhid Ibrahim menggegerkan warga di Nagari Sumani, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, Sumatera Barat (Sumbar). Pengikut aliran baru itu, Zainul yakin jika aliran Ibrahim Tauhid ini bukan merupakan ajaran islam.

Aliran baru itu saat ini sedang diawasi oleh Badan Koordinasi Pengawas Aliran Keagamaan dan Kepercayaan Masyarakat (Bakorpakem) Solok.

"Kami sudah membentuk tim Bakorpakem, ketuanya dari Kejaksaaan," kata Ketua Kepala Kejaksaan Negeri Solok, Donny Haryono Setiawan, Senin (27/7/2020).

Donny yang menjabat Ketua Bakorpakem ini menambahkan, pihaknya bekerja setelah adanya laporan dari masyarakat terkait adanya aliran sesat atau kelompok tertentu yang meresahkan masyarakat.

Di dalam Bakorpakem kata Donny, ada Polres, Kodim, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Majelis Ulama Indonesia (MUI), Kementerian Agama (Kemenag).

"Kami merumuskan tindakan di sana. Kami lakukan pembinaan dulu supaya mereka kembali sesuai dengan syariat," katanya.

Sebelum mengambil tindakan, kata dia, MUI akan turun tangan dengan melakukan dialog dengan pengikut atau pencetus aliran itu.

"Nanti MUI akan melakukan dialog mereka. Nanti akan ada perdebatan di sana. Namanya keyakinan kan maka akan beradu dalil di sana. Nanti hasilnya seperti apa, kita tunggu," kata dia.

Donny melanjutkan, jika rekomendasi dari MUI sudah keluar namun aliran itu masih meresahkan dan menganggu ketertiban, maka akan dihentikan.

"Jika tidak diindahkan makan akan kami lakukan tindakan reprentif," kata dia.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto