Bantu Siswa, Pemkot Padang Pasang Internet Gratis di Masjid hingga Kantor Lurah

Antara ยท Kamis, 20 Agustus 2020 - 10:59:00 WIB
Bantu Siswa, Pemkot Padang Pasang Internet Gratis di Masjid hingga Kantor Lurah
Ilustrasi pelajar mencari sambungan internet gratis untuk belajar online (Sindonews)

PADANG, iNews.id - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) menyediakan layanan internet gratis untuk siswa yang sedang menjalani belajar daring. Internet gratis itu disalurkan lewat sambungan nirkabel atau WiFi ke 50 kelurahan.

"Hingga saat ini internet gratis tersebut sudah terpasang di 50 kelurahan, kami menargetkan hingga akhir tahun akan terpasang di seluruh kelurahan yang berjumlah 104 titik WiFi," kata Kepala Dinas Kominfo Kota Padang Rudy Rinaldy, Kamis (20/8/2020).

Rudy menambahkan, akses internet gratis yang disediakan pemerintah kota bisa menjadi salah satu solusi untuk pelajar yang mengalami kesulitan saat belajar daring.

Tidak hanya di kantor lurah, kata dia, saat ini juga sedang disiapkan pemasangan internet di masjid masing-masing satu per kecamatan dengan total 11 titik WiFi.

"Jadi akses internet akan semakin mudah, ada di kantor camat, masjid di kecamatan hingga kantor lurah," kata dia.

Rudi melanjutkan, untuk teknis penggunaan diatur oleh lurah setempat, jika jumlah anak terlalu banyak bisa dibagi menjadi 10 anak setiap dua jam sehingga kecepatannya stabil.

Total titik jaringan internet yang disediakan Pemkot Padang hingga saat ini sudah mencapai 125 titik. Tahun ini ditargetkan semua kelurahan sudah tersedia akses internet gratis yang bisa dimanfaatkan masyarakat.

"Akses internet juga berperan membuak daerah tersebut memasuki dunia digital dan dapat dimanfaatkan untuk menunjang perekonomian warga setempat seperti berjualan daring," kata Rudi.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto